• Ming. Jun 20th, 2021

Babinsa Sertu Eko Yudhi Kembali Dampingi Tim Medis Lakukan Contact Tracing Paisen Covid-19

Byadmin

Mei 19, 2021

JEPARA, bhayangkaraperdananews.com

– Babinsa Sertu Eko Yudi anggota Koramil 05/Mayong bersama Tim tracer dari Puskesmas Mayong I, kembali melakukan tracing terhadap warga yang terpapar Covid-19 di wilayah Desa Pancur, Kecamatan Mayong. Rabu (19/5/2021).

Tampak dalam kegiatan tracing tersebut, Ketua Satgas Covid-19 Desa Pancur Mulyono, Bhabinkamtibmas Aiptu Guntur, Puskesmas Mayong I dr Indah beserta anggota dan Bidan Desa Pancur Dian.

Menurut dr. Indah Puskesmas Mayong I mengatakan bahwa pelaksanaan tracing tes terhadap keluarga pasien yang terpapar Covid-19 ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kesehatan kepada keluarga yang pernah kontak langsung dengan pasien Covid-19.

“Hal ini kami lakukan sebagai tindakan percepatan penanganan kasus Covid-19, dan untuk memutus penyebaran Covid-19 yang berada di desa Pancur.”kata dr Indah.

Lebih lanjut, dr Indah menyampaikan berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menghentikan Pandemi Covid 19, guna mengendalikan laju penyebaran virus tersebut.

“Salah satunya dengan mengidentifikasi terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 dengan istilah contact tracing, tujuanya untuk menghambat penyebaran infeksi ke kerumunan besar atau komunitas melalui pemutusan rantai transmisi.” Ujarnya.

Sementara, Babinsa Sertu Eko Yudhi mengatakan kegiatan pendampingan Tracing merupakan bagian tugas TNI untuk menghentikan Pandemi Covid-19.

“Sebagai Babinsa yang mempunyai wilayah binaan, akan terus bekerjasama dengan tim contact tracing guna melakukan pendeteksian dan penanggulangan terhadap penyebaran Covid-19 di wilayah sehingga dapat di ambil tindakan deteksi dini dan cegah dini, agar tidak semakin meluas,” ungkap Babinsa.

Selain itu, contact tracing yang dilakukan ini untuk mengetahui siapa saja yang telah bertemu dengan penderita virus corona, dimana akan memudahkan petugas kesehatan untuk mengambil tindakan agar virus ini tidak menyebar semakin luas serta menemukan kasus baru, pelacakan kontak erat, Edukasi kepada masyarakat, pemantauan kasus konfirmasi dan kontak erat. (MBP-Suparjan/Pendim 0719/Jepara).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *