• Kam. Jan 27th, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

BPkam Minta Inspektorat Aceh Singkil Mengaudit Desa Tugan

Byadmin

Des 2, 2021

Aceh Singkil, bhayangkaraperdananews.com – Badan permusyawaratan Kampung (BPkam) Desa Tugan, minta Inspektorat Aceh Singkil, mengaudit kepala desa setempat. Permintaan itu didasari atas dugaan kesewenangan yang dilakukan oleh kepala desa tersebut.

Dimana katanya, laporan keuangan Kampung belum pernah dilaporkan, padahal UU sudah mengaturnya. Tidak hanya itu tambah dia, dalam musyawarah rencana pembangunan desa (Musrembangdes) tahun 2022 pihaknya pun tidak dilibatkan.

“Kami sangat berharap kepada inspektorat Aceh Singkil agar hendaknya dapat sesegera mungkin melakukan pemeriksaan atas keuangan pemerintah kampung Tugan tersebut”, kata Irfan. Kamis (02/12/2021).

“Peraturan dan perundang-undangan mewajibkan kepala kampung atau kepala desa menyampaikan laporan pertanggungjawan anggaran kampung kepada BPKam pada setiap tahun anggaran. Tapi Kepala Desa tidak pernah melakukan hal itu,”lanjutnya.

“Musrenbangdes untuk Tahun Anggaran 2022 kemaren sama sekali tidak melibatkan BPKam Kampung Tugan. Padahal sesuai peraturan dan perundang-undanga, musyawarah tersebut seharusnya dilaksanakan oleh BPKam,”pungkasnya.

Terpisah, Bupati Aceh Singkil, DULMUSRID, yang di konfirmasi Media ini mengatakan belum mengetahui persis persoalannya. Namun, mendengar hal itu ia pun perintahkan supaya Inspektorat segera mengaudit permintaan BPKam desa Tugan tersebut.

“Saya sekarang masih berada di Palembang. Kalau ada penyalahgunaan anggaran harus di audit. Coba tanyakan ke inspektorat, mengapa Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung di desa itu tidak di audit”, kata Dulmusrid.

” Ya. Kalau memang ada penyalahgunaan anggaran atau kewenangan, maka bisa kita perintahkan inspektorat untuk melakukan pemeriksaan khusus”, tegasnya. (MBPN_A2/HT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.