• Rab. Sep 22nd, 2021

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

BUMDes Bersama Dikukuhkan, Bupati : Jangan Panas-panas Tahi Ayam

Byadmin

Agu 22, 2021

Aceh Singkil, bhayangkaraperdananews.com
Bank Sampah akan beroperasi di Aceh Singkil, yaitu tepatnya dikota Rimo. Bank Sampah itu sendiri besutan dari gabungan dari BUMDes 25 desa yang ada di Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil.

BUMDes 25 desa Se-Kecamatan Gumer itu menyatukan kekuatan demi berjalannya usaha masyarakat yang dipelopori oleh BUMDes Bersama. Maklumlah, selama ini BUMDes yang tercipta dari dana desa itu, khususnya di Kabupaten Aceh Singkil belum banyak yang memberikan manfaat terhadap masyarakat. Yang ada hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu di desa saja. Dari 116 desa yang ada di Kab.Aceh Singkil, hanya 5 desa yang BUMDes nya berhasil, yang berjalan sesuai aturan, salah satu diantaranya ialah BUMDes di Desa Pulau Baguk kec.Pulau banyak.

Berdasarkan fakta-fakta sembrautnya kinerja BUMDes selama ini, maka terbersit gagasan Syafarudin Tanjung, sang Ketua Bank Sampah tersebut, untuk menyatukan 25 BUMDes yang ada di Kec.Gumer, yang notabene di Kampung kelahirannya.

Tidak tanggung-tanggung, Cita-cita dari pengurus Bank Sampah yang di Punggawai Syafarudin Tanjung itu, agar dapat membersihkan Kota Rimo dari sampah rumah tangga yang selama ini menjadi persoalan besar. Sampah itu nantinya diolah mnjadi pupuk organik. Justru itu diharapkan kedepan, bisa menjadi solusi kelangkaan pupuk yang dibutuhkan petani, khususnya di Aceh Singkil.

“Sampah akan dikelola dengan Tekhnis moderen, yang dapat menghasilkan uang tambahan bagi warga. Nasabah Bank Sampah sudah ada 400 orang untuk pertama pendaftar khususnya disekitar Rimo ini”, Pungkas Syafarudin, meyakinkan.

Dengan itu pula, Bupati Aceh Singkil, DULMUSRID, telah mengukuhkan Pengurus sekaligus me-Loncing Bank Sampah yang dilabeli nama untuk Pendingin itu, “BUMDes Bersama : MALUM TENDI SEJAHTERA”, beberapa hari yang lalu, Rabu (18/8/21), di Aula kantor Camat Gumer di Rimo.

Malum Tendi (bahasa Singkil-red) yang artinya, Dingin Aura. MALUM TENDI SEJAHTERA, dalam maknanya ; “Dingin Perasaan yang mempunyai Aura agar dapat Sejahtera”, demikian didefenisikan, Bupati.

Bupati DULMUSRID, menyampaikan dalam sambutannya, sangat mengapresiasi sekali atas dibentuknya Bank Sampah di kec.Gumer itu. Bupati DULMUSRID, terlihat mendukung, namun sangat mewanti-wanti akan keseriusan para pengurus BUMDes Bersama tersebut.

Maklumlah, selama ini banyak kegiatan atau usaha organisasi yang dibentuk di Aceh Singkil, hanya seremonial belaka. Pengguntingan pita saja yang ada, namun ketika dijalankan pada akhirnya hidup segan mati tak mau.

“Jangan panas-panas tahi ayam ! Jangan hanya pengukuhan saja, namun implementasinya nihil”, tegas, Bupati. Disampaikannya, pada prinsipnya Pemda Aceh Singkil sangat mendukung berdirinya Bank Sampah tersebut. Namun kata Bupati, haruslah benar-benar berjalan dan berguna bagi masyarakat luas. Jangan hanya kepentingan atau menguntungkan oknum tertentu saja, dan jangan yg hanya bersemangat membentuk awalnya saja, namun akhirnya tidak kelihatan, ujar, Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati DULMUSRID, sekaligus memberikan buku tabungan kepada Nasabah perdana, salah satunya kepada, Ali Usman, warga Kampung Lae Butar.

Acara itu dihadiri Direktur Bank Sampah kota Medan, Yasra abu farizan,SH, yang didaulat untuk mensupport sekaligus sebagai Pemateri tentang pengelolaan sampah. Turut hadir Camat Gumer, Drs.Abdul Hanan, pengurus empat Perusahaan perkebunan kelapa sawit, diantaranya, PT.Socfindo, PT.Astra, dan PT.Nafasindo, unsur Muspika kec.Gumer, dan beberapa Kepala desa, serta undangan lainnya. Acara berlangsung dengan menerapkan Prokes. (MBP-N, 02/FR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *