• Sel. Des 7th, 2021

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Desa Tanjung Mas Pelopor Pelestarian Budaya di Aceh Singkil

Byadmin

Nov 21, 2021

ACEH SINGKIL,bhayangkaraperdananews.com – Desa Tanjung Mas, kabupaten Aceh Singkil, Prov.Aceh, ditetapkan oleh Kemendikbudristek RI (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset & Tekhnologi Republik Indonesia) Sebagai salah satu Desa Budaya di Indonesia tahun 2021.

Dengan itu pula diadakan peresmian desa Budaya di Tanjung Mas, Kamis (18/11) yang dibuka oleh Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid.

Peresmian dan sekaligus perayaan Desa Budaya Tanjung Mas itu, berlangsung selama 3 hari, yaitu dari tanggal 18-20-2021.

Perayaan desa Budaya itu sangat meriah sekali dan mendapat perhatian besar para Tokoh masyarakat dan tokoh agama, juga antusias warga Aceh Singkil dan kabupaten tetangga. Ribuan warga hadir dalam acara tersebut dengan menyaksikan berbagai kegiatan dan perlombaan yang berkaitan dengan Budaya.

Hadir dalam peresmian Desa Budaya tersebut, Pejabat Kemendikbud RI, Kadisdikbud Aceh Singkil beserta Kabid dikbud, anggota DPRK Aceh Singkil, tokoh budaya se-Aceh Singkil, tokoh Pemuda serta undangan lainnya.

Dalam perayaan tersebut mengadakan berbagai kegiatan, sesuai tahapan yang sudah terjadwal, jelas pendamping kebudayaan kementerian R.I, Wanhar Alkausar Lingga. “Ada tiga tahapan dalam pengembangan budaya di Desa Tanjung Mas, yakni, tahapan temu kenali, tahapan pengembangan dan tahapan pemanfaatan”, urai, Wanhar Lingga.

Disampaikan Wanhar, yang asli Putra Aceh Singkil itu, kesemua tahapan sudah kita laksanakan dengan baik, dan diharapkan agar masyarakat di Aceh Singkil termotivasi untuk melestarikan budaya di daerah sesuai dengan potensi yang dimiliki. “Mari kita jaga dan Lestarikan Budaya kita, demi Marwah daerah serta mampu untuk menunjang perekonomian masyarakat”, pungkas Wanhar Lingga.

Kepala desa(Keuchik) Tanjung mas, Sabirin Malau, mengatakan, sangat mengapresiasi dan berterima kasih terhadap kemenristek R.I, bahwa ditetapkanya Desa yang ia Pimpin menjadi salah satu Desa Budaya di Indonesia.
“Kita patut bersyukur dan bangga, mari kita lestarikan budaya di Aceh Singkil ini. Harapan kami juga agar Pemda Aceh Singkil mendukung penuh pelestarian Budaya ini, dan dapat berdaya guna untuk peningkatan Ekonomi masyarakat nantinya”, pinta, Sabirin.

Tokoh Budaya Aceh Singkil, Baha Udin P, menjelaskan, dulunya ada empat kerajaan di Kecamatan Simpang kanan, yaitu, kerajaan Tanjung Mas, Ujung Limus, Suro dan Silatong.
Untuk itu katanaya, sebagai warga negara Indonesia, mari kita lestarikan dan hargai Budaya kita sebagai Bangsa yang beradat dan Berbudaya, tegas, Baha udin, (atau yang biasa disapa Keuchik Baha).

Dalam Peresmian Desa Budaya Tanjung Mas, Bupati, Dulmusrid, mengatakan sangat mengapresiasi sekali dan berterimakasih kepada Kemendikbud Ristek RI, bahwa salah satu Desa diwilayahnya yang ditetapkan menjadi Desa Budaya Nasional. Pemerintah RI terbukti Peduli terhadap daerah Aceh Singkil, serta
Teristimewa lagi atas kehadiran Pejabat Kementerian di Acara Perayaan di Tanjung Mas ini, demikian Bupati, Dulmusrid (MBPN_A2/HT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *