• Sab. Mei 15th, 2021

Dipimpin Kasad, Pangdam IX/Udayana Ikuti Rakor Tentang Pelaksanaan Vaksin Covid-19

Byadmin

Mar 19, 2021

BALI, bhayangkaraperdananews.com – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., bersama para Pangdam seluruh Indonesia mengikuti Rakor melalui Vidcon tentang pelaksanaan Vaksin Covid-19 yang dipimpin oleh Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa, pada Kamis (18/3/2021).

Pada kesempatan tersebut, Kasad menyampaikan kita serentak akan melakukan vaksinasi mulai hari Senin (22/3/2021), tetapi hanya 3 hari saja. Jadi lebih baik memang kelihatannya kita agak menunda atau tidak persis dua minggu dari vaksinasi pertama, tapi juga kita rencanakan untuk yang akan vaksin pertama yaitu mulai Senin, Selasa, Rabu. Jadi masing-masing Kodam diawasi oleh para Pangkotama, itu lakukan vaksinasi bukan hanya kepada Prajurit TNI, PNS untuk vaksinasi yang keduanya, tapi bagi yang pertamapun digelar sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Oleh karena itu, besok adalah hari terakhir untuk masing-masing Kakesdam melakukan konfirmasi ke Dinas Kesehatan di wilayah masing-masing tentang ketersediaan yang bisa kita dapat untuk vaksinasi baik yang vaksinasi pertama maupun yang kedua, tetapi kita batasi hari Senin, Selasa, Rabu.

Untuk itu, besok Kodam masing-masing melakukan update terakhir dan sorenya sudah jadi tentang siapa yang dilakukan hari Senin, siapa Selasa dan siapa Rabu. Sehingga mekanisme seperti ini tidak akan menyandera tenaga kesehatan yang ada.

Agar hasilnya maksimal, untuk teknis pelaksanaannya silahkan diatur oleh masing-masing Asisten Operasi Kodam untuk benar-benar mengendalikan bagian operasi dari tiap-tiap wilayah yang akan melaksanakan vaksinasi sesuai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang sudah di verifikasi, sehingga pelaksanaannya cepat yaitu 3 hari selesai dan selanjutnya tinggal membantu vaksinasi yang purnawirawan lagi.

“Purnawirawan yang sudah vaksin pertama itu harus divaksin kedua, tetapi yang belum Saya sedang berusaha”, jelas Kasad.

Kasad memerintahkan, bahwa kita semua serentak di seluruh FKTP yang sudah terverifikasi dan sudah siap untuk memulai pada hari Senin pagi. Untuk itu, Asops masing-masing Kodam pada Jumat besok dan paling lambat hari Sabtu data harus sudah dilaporkan kepada Asops Kasad tentang pembagian personel di FKTP pada Senin, Selasa dan Rabu.

Pada kesempatan tersebut, Kapuskesad Mayjen TNI Albertus Budi Sulistya pada intinya menyampaikan bahwa setelah dilakukan rekapitulasi ulang tentang ketersediaan vaksin di masing-masing Kesdam melalui koordinasi dengan para Kapala Dinas Kesehatan di masing-masing wilayah dapat disimpulkan bahwa ketersediaan vaksin untuk suntikan kedua yang totalnya kurang lebih sebanyak 192.165 vaksin dapat aman bisa dilaksanakan.

Disampaikan sesuai dengan komitmen, kita seragamkan bahwa TNI AD akan membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi ini dengan syarat bahwa seluruh warga TNI AD sudah tervaksinasi sehingga aman dan kita buktikan bahwa TNI AD bisa melaksanakan vaksinasi dengan cepat, tepat dan sesingkat-singkatnya, sesuai arahan Bapak Kasad.

Hadir mendampingi Pangdam IX/Udayana di Ruang Yudha Puskodalops Kodam IX/Udayana, Denpasar diantaranya Danrem 163/WSA, Asops Kasdam IX/Udy, Aster Kasdam IX/Udy, Kakesdam IX/Udy dan Karumkit Tk. II Udayana. (MBP-Nengah Suena/pendam IX/Udy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *