• Kam. Des 2nd, 2021

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

DPMK Genjot Dana Desa Untuk Entaskan Kemiskinan Di Aceh Singkil

Byadmin

Nov 22, 2021

Aceh Singkil, bhayangkaraperdananews.com – Implementasi Peraturan Menteri Desa(Permendes) nomor 7 tahun 2021, ialah untuk menekankan prioritas penggunaan dana desa agar dapat lebih berdaya guna untuk mengentaskan kemiskinan.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(DPMK) Kabupaten Aceh Singkil bekerjasama dengan UNICEF dan Mitra Flower Aceh, mengadakan Sosialisasi Permendes Nomor 7 tahun 2021, tentang prioritas penggunaan Dana desa tahun 2022, dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kabupaten Aceh Singkil.

Acara tersebut berlangsung di Aula kantor Camat Gunung Meriah( 21/11/21) di Rimo. Puluhan Peserta hadir dalam sosialisasi itu terdiri dari, ketua BPMG, para Kades, dan bendahara Desa, dari beberapa Kecamatan.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas DPMK Aceh Singkil, Azwir,SH, Camat Gunung meriah, Drs.Abdul Hanan, UNICEF mitra Flower Aceh, staf kantor camat, serta undangan lainnya.

Kadis DPMK, Azwir,SH, dalam penyampaiannya mengatakan, implementasi dari Permendesa Nomor 7 tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan dana desa untuk tahun 2022.

Dijelaskan, Prioritas Penggunaan dana desa diarahkan untuk program dan/atau kegiatan percepatan pencapaian SDGs Desa melalui 3 item yaitu :
A.Pemulihan Ekonomi Nasional sesuai kewenangan Desa, B.Program prioritas Nasional sesuai kewenangan Desa, dan C.Mitigasi dan Penanganan bencana Alam dan non Alam sesuai kewenangan Desa, urai Azwir. “Sosialisasi ini sangat penting. Pemerintah bekerjasama dengan UNICEF untuk menekankan terhadap aparatur desa serta masyarakat, sesuai Permendes Nomor 7 tahun 2021, yaitu memproritaskan anggaran dana desa secara tepat guna demi pengentasan kemiskinan”, pungkas, Azwir.

DPMK bersama UNICEF, berupaya meningkatkan penyerapan dalam pemahaman terhadap aparatur Desa tentang implementasi Permendes Nomor 7 tahun 2021, agar penggunaan dana desa dapat di prioritaskan untuk pengentasan kemiskinan di Indonesia secara Umum, dan khususnya di Kabupaten Aceh Singkil.

Acara sosialisasi itu mendapat sambutan yang positif dari peserta, dan segera dapat di laksanakan pada realisasi anggaran dana desa tahun 2022.

Acara berlangsung aman dan sukses dengan melaksanakan Prokes. MBPN-A2/HT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *