• Sen. Jan 17th, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

HKN! 3 Desa Terima Piagam Penghargaan, Puskesmas Singkil Deklarasikan Desa ODF

Byadmin

Nov 28, 2021

Aceh Singkil, bhayangkaraperdananews.com – Tiga Desa di Kecamatan Singkil mendapatkan piagam penghargaan atas keberhasilan pencapaian vaksinasi tertinggi tahun 2021.

Penghargaan tersebut langsung diserahkan oleh Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Singkil, dr. Hj Nur Asiah di momentum hari kesehatan nasional (HKN) ke-57 yang di gelar di Puskesmas Singkil,kec.Singkil, kab.Aceh Singkil, Sabtu (27/11/2021).

Dr. Asiah mengatakan tiga Desa yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah, Desa Pulo Sarok, Desa Ujung dan Desa Kilangan.

Dari ketiga Desa tersebut, dr. Asiah, merincikan untuk peringkat tertinggi capaian vaksinasi yakni Desa Pulo Sarok sebesar 60 persen, peringkat kedua, Desa Ujung 50 persen dan peringkat ketiga Desa Kilangan sekitar 50 persen juga.

Namun, menurutnya secara keseluruhan di wilayah kecamatan Singkil terbilang rendah, hanya 35 persen yang seharusnya ditargetkan sebesar 70 persen.

” Tadi masing-masing kepala Desa yang langsung menerima piagam itu. Kita berharap tadi Desa yang dekat dengan puskesmas seperti Desa Pasar, Justru tidak memenuhi capaian atau target vaksinasi,”ungkapnya.

Rendahnya target vaksinasi di wilayah kecamatan Singkil, ia mengajak masyarakat untuk bervaksinasi.

“Jadi mari sama-sama kita dukung program pemerintah ini dengan vaksinasi. Nyata sekarang kita lihat semakin banyak masyarakat yang bervaksin. angka penderita pasien covid berkurang dan angka kematian bulan ini juga tidak ada,”sebutnya.

Selain itu, dr. Asiah, juga mengatakan dalam memperingati hari kesehatan nasional (HKN) Ini, mereka juga melakukan deklarasikan ODF.

Dijelaskan bahwa ODF ini merupakan program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Dimana program ini dibentuk atas dasar kesadaran masyarakat.

” Tak lepas juga tadi kita mendeklarasikan desa ODF. Desa yang bebas buang air besar sembarangan,”ujarnya.

Ia mengatakan untuk tahun depan direncanakan program STBM akan dibuat menjadi tiga Desa dan Program ini sendiri akan melibatkan pihak ketiga yakni UNICEF dan LSM Flower.

” Jadi disini kita bukan murni dari kita saja, akan tetapi banyak tim yang mengevaluasi layakkah atau tidak. Deklarasi ODF ini tentunya dapat berbuat seperti keuchik teluk ambun. Dapat piagam penghargaan yang ditanda tangani oleh Bupati, tahun ini hanya jatuh ke desa teluk ambun,”pungkasnya.

Kegiatan HKN yang digelar di Puskesmas itu di selenggarakan selama 2 hari yakni 26-27 November. Kegiatan itu disponsori oleh Bank Aceh Syariah cabang Singkil.

Untuk diketahui, rangkaian acara meliputi senang GERMAS yakni senam antistruk, senam anti diabet, deklarasikan Desa ODF, penyerahan piagam penghargaan untuk 3 Desa, dan yang terakhir ada doorprize. Acara itu turut di hadir oleh Kadis Kesehatan, Camat Singkil, Kapus Singkil, Danramil, Kapolsek dan seluruh Nakes beserta tamu lainnya. Acara dilaksanakan tetap menerapkan Prokes. (MBPN_A2/HT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *