• Kam. Des 2nd, 2021

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Kantor SAR Semarang Mengadakan Giat Latihan URBAN SAR selama 3 Hari

Byadmin

Okt 23, 2021

SEMARANG, bhayangkaraperdananews.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Semarang menyelengarakan kegiatan latihan pencarian dan pertolongan di bangunan runtuh (URBAN SAR). kegiatan tersebut digelar selama 3 hari sejak Kamis sampai Sabtu ( 25/10/21) bertempat di area gedung siaga SAR Gondorio Kota Semarang.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 personil Kantor SAR Semarang dari 3 pos yaitu pos SAR Jepara, Surakarta, Wonosobo dan 1 unit siaga Borobudur tersebut difokuskan pada evakuasi korban dibangunan runtuh dimana sering terjadi di wilayah perkotaan.

Adapun materi yang dipraktekkan antara lain Search Cam , Breaching , Breaking, Shoring dan Evakuasi. Kegiatan latihan URBAN SAR bertujuan meningkatkan kesiapan alut tetap laik dioperasikan dan kesiapsiagaan personil untuk kerja tim dalam menghadapi musibah yang terjadi di wilayah kerja Kantor SAR Semarang.

Apalagi saat ini sudah terdeteksi area gempa baru yang menyasar dari Surabaya hingga ke Semarang yang dikenal dengan sesar Kendeng. Dengan adanya sesar tersebut mutlak kantor SAR Semarang harus mempersiapkan personilnya sebaik mungkin untuk mengantisipasi hal-hal terburuk sesuai dengan tugas Basarnas yang diamanahkan dalam UU no. 29 tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan. (MBPN-Sunarno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *