• Sen. Jun 24th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Kapolres Demak Cek TPS Pilkades 2023, Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

ByMBP-NEWS

Okt 10, 2023

DEMAK | bhayangkaraperdananews.com – Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya mengimbau warga untuk menjaga kondusivitas keamanan dan kenyamanan selama Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang II Tahun 2023 di Kabupaten Demak.

Seperti diketahui, ada 54 desa dari 14 Kecamatan yang menggelar Pilkades pada hari ini, Minggu (8/10/2023).

“Hari ini kami melakukan patroli bersama pengecekan TPS di sejumlah wilayah yang menggelar pemilihan kepala desa,” kata AKBP Muhammad Purbaya.

Ia menjelaskan patroli tersebut didampingi pejabat utama Polres Demak dan anggota BKO dari Brimob Polda Jateng untuk mengantisipasi konflik di titik rawan yang sudah dipetakan.

“Untuk kerawanan sudah kami petakan. Ada 6 desa yang masuk kategori sangat rawan, 35 desa kategori rawan dan 13 desa kategori aman. Kami juga antisipasi konflik di titik rawan dengan menambah kekuatan personil,” ujarnya.

Menurutnya, pencegahan melalui kegiatan patroli merupakan cara bertindak yang tepat dalam pelaksanaan tindakan secara preventif untuk mencegah tindakan-tindakan masyarakat agar tidak mencapai ambang gangguan dan menjadi gangguan nyata.

“Kehadiran anggota Polri harus dapat terlihat oleh masyarakat. Untuk itu tujuannya pun harus jelas, masyarakat harus dapat melihat dan merasakan kehadiran polri ditengah-tengah masyarakat sehingga dapat menciptakan situasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” ungkapnya.

Ia pun menegaskan kepada seluruh masyarakat maupun tim sukses untuk bisa menahan diri. Jangan terpancing berita hoax yang dapat memecah belah persaudaraan. Polri dan TNI akan terus mengawal jalannya pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.

“Kami akan terus mengawal jalannya tahapan Pilkades serentak 2023. Kepada seluruh masyarakat, terutama tim sukses, jika menemui adanya kesalahan untuk melapor dengan jalur yang benar. Tentunya kami akan tegas, sesuai peraturan yang sudah tertera bila nantinya ada warga masyarakat yang mengganggu terkait dengan tahapan Pilkades di Kabupaten Demak,” tegasnya. (MBPN-Red/Humas Polres Demak)