• Jum. Jun 18th, 2021

Kapolres Rembang AKBP Kurniawan Tandi Rongre, S.I.K., M.Si Sosialisasi Siskamling dan Prokes

Byadmin

Jan 31, 2021

Bhayangkara Perdana News Rembang – Kapolres Rembang sosialisasi Siskamling dan Protokol Kesehatan kepada Kepala Desa Se Kecamatan Sulang di Pendopo Kecamatan Sulang. Pada hari Sabtu tanggal 30 Januari 2021 pukul 08.30 WIB

Dalam acara di hadiri oleh Kapolres Rembang Kurniawan Tandi Rongre, S.I.K., M.Si, KBO Intelkan IPTU Pringgo Setyono,SE, Camat Sulang Drs. Slamet Haryanto,M.Si, Kapolsek Sulang AKP Hary Basuki beserta anggota, Danramil Sulang Kapt. Inf Wardiyana, UPT Pusjesmas Sulang dr. Wulansari, Kades Se Kecamatan Sulang.

Camat Sulang Drs. Slamet Haryanto,M.Si dalam sambutannya menyampaikan, Pertemuan hari ini merupakan tindak lanjut yang sudah dilaksanakan di Polres Rembang, dan saat ini langsung kita laporkan  Kapolres  Rembang tentang perkembangan covid 19 di kec. Sulang: 9 simtomatik dan 5 asimtomatik, Bapak Kapolres mempunyai inovasi baru terkait Siskamling prokes kesehatan dan ini baru di Kab. Rembang, untuk satgas ditingkat Desa sudah berjalan termasuk relawan pemakaman

Mari kita dukung dan kita laksanakan program Kapolres Rembang ini dan yang terpenting adalah Implementasi dilapangan. Kita harus membiasakan dan membudayakan 3M dimasyarakat, berdayakan warga baik yang Tua dan Muda sehingga covid 19 segera teratasi.

Sambutan sekaligus paparan materi oleh Kapolres Rembang AKBP Kurniawan Tandi Rongre, S.I.K., M.Si, menyampaikan, Dalam situasi dan kondisi Covid 19 saat ini dikabupaten Rembang masih memprihatinkan, Kabupaten Rembang dalam Satu Bulan yg lalu termasuk besar terpapar covid 19 dan paling tinggi, Di tingkat Jateng kabupaten Rembang masih di  urutan kedua. Saya mempunyai ide dan saya sampaikan kepada Bupati Rembang terkait Siskamling Prokes di tingkat RT dan Bupati Rembang mendukung program tersebut

Dasar pelaksanaan siskamling Prokes atau Protokol Kesehatan mengacu pada: Peraturan pemerintah nomor 21 tahun 2020 dalam rabgka percepatan penanganan corona virus disease 2019, Surat edaran gubernur jawa tengah nomor: 443.4/0001159 tgl 23 januari 2021 ttg perpanjangan pemberlakuan PPKM utk pengendalian penyebaran covid 19,  Surat edaran bupati Rembang nomor : 440/0137/2021 tgl 25 janyari 2021 ttg perpanjangan pembetlalkuan PPK. Utk pengendalian penyebatan covid 19 di kab. Rembang.

Situasi umum sebaran covid 19 di  Indonesia; Terkonfirmasi 1.037.993.  : 13.695, Kasus aktif 166.540. :16.0%, Sembuh 842.122. :81.1%, Meninggal 29.331.  :2,8%, Suspek 82.676, Situasi khusus sebaran covid 19 di jateng : Terkonfirmaai dirawat 11.369, Terkonfirmasi sembuh 105.460, Terkonfirmasi meninggal 7.906, Total terkonfirmasi 124.735, Susoek 13.639, Sebaran covid di kab. Rbg 2.847, Sebaran covid di kec. Sulang 211

Siskamling Protokol Kesehatan yang di jalankan meliputi: Satgas jogo tonggo melibatkan masyarakat antara lain; Karangtaruna, linmas Dasa, Wisma, Bidan Desa , Posyandu Warga, Pendamping Desa PPL Pertanian Pendamping PKH.

Prinsip kerja satgas jogo tonggo : kemanusiaan, gotongroyong, melibatkan semua pihak non permanen transparan, Tugas satgas jogo tonggo: Bidang kesehatan; Mendata orang yang keluar masuk desa, mencegah penularan dan penyegahan covid19mendata siapa saja yg OTG,ODP, PDP dan mengupayakan karantina 14 hari,  memastikan lokasi strategis tersedianya  cuci tangan, penyemprotan disinfektan secara rutin, warga tertib pakai masker jaga jarak 1,5 -2 meter.

Memberikan pelayaanan kesehatan; mendorong praktek hidup bersih, Berkordinasi dgn petugas kesehatan desa

Bidang ekonomi, Mendata kebutuhan dasar masyarakat

Bidang keamanan, Bersama2 melakukan pencatatan orang keluar masuk desa; membuat jadwal giliran ronda, menyiapkan data agar bantuan tepat sasaran,  semua kegiatan dilakukan gotongroyong, memastikan setiap rumah mempunyai alat komunikasi,  memberikan pemahaman covid 19, pengamanan warung warung sembako.

Satgas hiburan; Untuk mengurangi kejenuhan warga dpt melaksanakan hiburan mandiri sesuai kearifan lokal masing masing : memastikan kesenian lokal dirumah masing2, maupun keliling sesuai kearifan lokal  masingmasing, mengadakan lomba kesenian dr rumah masing2, seperti baca puisi, melukis, bernyanyi dsb melalui medsos atau juri yg menilai dr rumah,  menyelenggarakan musik kentongan bersama yg ditabuh dr rumah masing2

Rentang kendali satgas, memberikan laporan secara rutin setiap hari kepada kades, Upaya pencegahan penyebaran covid 19 : warga bergotongroyong melawan penyebaran covid 19 diwilayahnya, sekaligus memastikan dukungan dr luar wilayahnya utk melawan covid 19 tepat sasaran dan tepat guna,  Mewujudkan kesadaran warga masyarakat dilikunganya dalam penanggulangan dan pencegahan covid 19, mengawasi dan menegakkan Prokes 3 M, memonitor dan melaporkan warga yg terpapar kepada kades, forcopimcam serta puskesmas,  melaporkan kegiatan warga yg menimbulkan kerumunan, tujuan adalah kesasaran masy terbangun akan pentingnya rasa tanggungjawab dan disiplin dalam penerapan prokes dari diri sendiri dan lingkungan, tercapainya penurunan kasus covid 19,  hilangnya pandemi covid 19.

Setelah terbentuk satgas di masing masing Desa tingkat RT nanti Bhabinkamtibmas dan Babinsa akan membantu pelaksanaan kegiatan dan Tim Satgas tingkat kecamatan melaksanakan ops yustisi dengan sasaran ke Desa Desa sampai tingkat RT. Dampaknya kesadaran masyarakat akan timbul dan mematuhi protokol kesehatan.

Plt. Puskesmas Sulang dr. Wulansari menyampaikan, Kecamatan Sulang terpapar covid 19, dimulai bulan juli dan bulan nopember s/d desember 2020 terjadi peningkatan kasus sangat banyak, bulan januari 2021 mengalami penurunan, Di Puskesmas Sulang sebanyak 35 tenaga kesehatan puskesmas Sulang terkonfirmasi covid 19 dan meninggal 1 orang, Kasus kematian di Kec. Sulang sangat banyak ada 22 orang selama ini, Vaksinasi dilakukan oleh tenaga kesehatan. Di sulang ada 99 sasaran. 

Kasus kematian dikarenakan terlambat mengetahui, terlambat membawa ke RU dan terlambat pengobatan, sebabnya masyarakat ketakutan  berobat takut terkena covid sehingha tidak mau berobat. Tanda tanda covid-19; Gejala panas, Batuk, gangguan merasa, Sesak nafas

Yang jelas kami mendukung adanya Siskamling Protokol kesehatan semoga penyebaran covid 19 cepat teratasi.

Acara sosialisasi Siskamling Prokes di Pendopo Kecamatan Sulang berjalan lancar dan tertib selesai pukul 11.00 WIB. ( MBP- News Rembang Suparjan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *