• Rab. Nov 29th, 2023

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Kasdam IX/Udayana Hadiri Peringatan Puputan Margarana ke-77 di Taman Pujaan Bangsa

ByMBP-NEWS

Nov 20, 2023

TABANAN | bhayangkaraperdananews.com – Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., M.Tr.(Han), menghadiri upacara peringatan Puputan Margarana ke-77 pada hari Senin (20/11/2023) bertempat Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana, Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga, Tabanan.

Setelah di bawa keliling pulau Bali Pataka dan Panji-Panji I Gusti Ngurah Rai tiba di TPB Margarana untuk dilaksanakan upacara serah terima oleh para peserta Napak Tilas Pasukan Ciung Wanara. Pada kesempatan tersebut juga dibacakan “Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai” dengan tujuan agar generasi penerus sebagai penerima tongkat estapet perjuangan dalam mengisi pembangunan dapat mewarisi keberanian dan jiwa kepahlawanannya.

Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan bahwa, peringatan upacara ini sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas perjuangan dan pengorbanan tanpa pamrih dari para pahlawan dalam peristiwa heroik Puputan Margarana tanggal 20 Nopember 1946, maka sangatlah tepat dengan mengusung tema “Mengimplementasikan Nilai-nilai Puputan Margarana Menuju Bali Yang Bermartabat”.

Selanjutnya Pj. Gubernur Bali mengungkapkan banyak hal yang dapat diteladani dari peristiwa sejarah masa lalu, salah satunya adalah kebersamaan dalam berbagai perbedaan, namun hendaknya kita bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan guna meningkatkan rasa solidaritas sosial dengan dijiwai oleh semangat dan nilai luhur kepahlawanan.

Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan hadiah Lomba Napak Tilas, persembahan Mepeed dari warga Marga dan tarian, dilanjutkan dengan persembahyangan serta peletakan karangan bunga dan tabur bunga di Taman Pujaan Bangsa.

Selain Kasdam IX/Udayana dihadiri juga Wakapolda Bali, Kabinda Bali, Ketua DPRD Bali, Kasrem 163/WSA, Ketua Markas Cabang LVRI, Ketua YKP Provinsi Bali, , Dandim 1619/Tabanan, Kapolres Tabanan, Sekda Tabanan, Ketua DPRD Kab. Tabanan, OPD Kab. Tabanan, serta undangan lainnya. (MBPN-Arda Oka/Pendam IX/Udy)