• Sab. Mei 15th, 2021

KPH Semarang Kembangkan Tanaman Indigofera seluas 50 Ha Sebagai Kelola Sosial

Byadmin

Mar 23, 2021

SEMARANG, bhayangkaraperdananews.com – Indigifera makanan hijauan ternak, pohon yang memiliki nutrisi tinggi rata2 tinggi pohon indigofera sedang namun memiliki daun lebat dan bisa berproduksi banyak, selain itu pakan ternak murah dan berkualitas ini di yakini bisa menurunkan biaya produksi pakan karena dari satu hektar indigofera cukup untuk 10 ekor sapi, sementara untuk satu hektar rumput biasanya hanya cukup untuk 1 ekor sapi, sehingga sangat produktif dan efesien, hal ini bisa berdampak pada turunnya biaya produksi ternak dengan demikian akan menurunkan harga produksi daging di pasaran. (23 Maret 2021)

Indigofera terbagi dalam tiga  kelas kualitas pertama, tanaman ini hanya bisa di panen bagian daunnya saja yang di panen di usia 1 bulan, kualitas kedua di ambil bagian daun dan batangnya yang berukuran kecil, sementara kualitas ketiga yang bisa di panen setiap bulannya di ambil bagian daun dan batangnya, perbedaan dari ke tiga kelas kualitas yang membedakannya adalah kandungan protiennya kualitas pertama mengandung protein 30, kedua 26-27 dan ketiga 20.

Keunggulan Tanaman Indigofera adalah sebagai berikut :

  1. Produksi pakan Indigofera, satu hektar bisa menghasilkan 12 ton per satu kali panen, sementara waktu tanam yang di butuhkan 40 sampai 50 hari dengan harga Rp 400/kg, sehingga akan menghasilkan Rp 4,8 juta per satu kali panen atau 3,6 juta per bulan, diharapkan dengan ke unggulan ini bisa menciptakan lapangan kerja baru di pedesaan, karena indigofera ini mudah dibudidayakan dan lahan dalam kondisi kering.
  2. Produksi hijauan, per tahunnya yang lebih tinggi di bandingkan dengan tanaman sejenis lainnya dan bisa panen hingga sembilan kali per tahun, serta memiliki protein yang sangat tinggi, hewan ternak lainpun bisa mengkonsumsi pakan ternak ini karena tidak memiliki bahan yang berbahaya untuk ternak.
  3. Tanaman ini juga  berfungsi sebagai konservasi kawasan hutan karena bisa sebagai tanaman penahan erosi dan bisa memperbaiki struktur tanah.
  4. Toleran dengan wilayah minim air, sehingga budidaya tanaman indigofera sangat cocok untuk di jadikan alternatif pakan saat musim kemarau

Untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan tersebut mulai tahun 2021 KPH Semarang akan melaksanakan penanaman indigofera seluas 50 ha lokasinya berada di BKPH Tanggung dan BKPH Kedungjati, saat ini pun KPH Semarang sudah menanam Indigofera di tahun 2019 seluas 2 ha dan ada juga di tanam pada lokasi tanaman Gamal sebagai tanaman pagar serta di turus jalan dari perbatasan BKPH Tanggung RPH Mliwang, BKPH Kedungjati RPH Kedungjati, Tempuran, semoga dengan adanya tanaman indigofera pendapatan KPH Semarang selain dari MKP, Wisata, Agro dan Gamal akan menjadi KPH Semarang.plus, membuka lapangan pekerjaan, endingnya KPH Semarang Sukses dan Mandiri demikian Adm/KKPH Semarang mengakhiri perbincangannya dengan wartawan Bhayangkara Perdana News. (Firman Bhayangkara Perdana News)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *