• Jum. Apr 16th, 2021

KPH Semarang Miliki Penyulingan MKP (Minyak Kayu Putih) Untuk Peningkatan Perusahaan Menjadi KPH Sukses Mandiri

Byadmin

Apr 3, 2021

SEMARANG, bhayangkaraperdananews.com – KPH Semarang memiliki luas kawasan hutan 29.119,40 ha dengan pembagian sebagai berikut : 1). Kawasan Penggunaan lain ; 1.113,45 ha (4%), 2). Kawasan Perlindungan ; 3.553,00 ha (12%), 3). Kawasan Hutan Produktif ; 12.463,80 Ha (42%), 4). Kawasan Hutan tidak produktif ;  12.106,15 ha.

(42%), kawasan hutan KPH Semarang merupakan kawasan hutan adaptif di mana tingkat kerawanan hutan tinggi dan penggarapan lahan sangat tinggi.

Untuk mengurangi type adaptif langkah-langkah yang di lakukan semenjak ke Pimpinan Khaerudin S.Hut MM sebagai Adm KKPH Semarang telah melakukan Inovasi membangun penyulingan MKP di desa Klitikan Kec Kedungjati Kab Grobogan yang masuk wilayah kerja BKPH Manggar Aspernya Singgih Hernowo.

Pembangunan penyulingan MKP ini di lakukan karena KPH Semarang memilik potensi tegakkan kayu putih yang tersebar di 2 BKPH yaitu Manggar dan Padas yang dulunya hanya sebagai pensuplay DKP (daun kayu putih), proses masak dari DKP menjadi MKP di lakukan oleh pabrik penyulingan MKP KPH Gundih.

Dengan adanya potensi tegakkan kayu putih tersebut terbesit pemikiran Adm KKPH Semarang Khaerudin S.Hut MM bagaimana DKP ini bisa di masak sendiri dengan tujuan menambah pendapatan MDH dan bisa mengurangi pengangguran, untuk merealisasikan keinginan mendirikan penyulingan MKP KPH Semarang menggandeng LMDH dan Desa utk berkolaborasi membuat penyulingan MKP akhirnya terwujud KPH Semarang memiliki penyulingan MKP berkapasitas 1.000 Kg dan sudah memproduksi MKP 1.900 kg di mana kedepannya akan di kembangkan lagi tanaman kayu putih seluas 4.000 ha

Adanya penyulingan MKP ini sangat menguntungkan bagi MDH di ajak berkolaborasi oleh Perhutani untuk memelihara tanaman kayu putih kemudian daunnya di panen/dipungut dan di beli Perhutani dengan harga yang sudah di sepakati antara Perhutani dan MDH dengan demikian penghasilan MDH bertambah yang dulunya identik penghasilan dari panen Jagung sekarang MDH memiliki 2 penghasilan dengan komoditi DKP dan Jagung.

Kepala Desa Klitikan Kec Kedungjati Kab Grobogan Surinto mengucapkan terima kasih kepada Bapak Khaerudin, S.Hut, M.M., yang telah membangun penyulingan MKP di Desa Klitikan yang sangat membantu mengurangi pengangguran dan peningkatan penghasilan MDH (MBP-Firman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *