• Sab. Jul 20th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Latihan Tempur Jalak Sakti Lanud BNY, Besok Jalintim Tulang Bawang Lampung Ditutup, Ini Rute Alternatifnya

ByMBP-NEWS

Jun 11, 2024

LAMPUNG | bhayangkaraperdananews.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tulang Bawang, Lampung akan menutup sementara Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kecamatan Menggala pada Selasa, 11 Juni 2024.Penutupan sendiri akan dilaksanakan pada Selasa, 11 Juni 2024 dari pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB.

“Iya, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan selama kegiatan berlangsung. Diimbau kepada pengendara yang akan ke Bakauheni atau Bandar Lampung agar melalui Jalan Tol atau Jalinpantim,” ungkapnya, Senin 10 Juni 2024.Penutupan jalan sementara tersebut dilakukan karena adanya pelaksanaan Latihan Matra Udara Jalak Sakti 1 di Lanud Pangeran M Bun Yamin (BNY) yang terletak di Kampung Astra Ksetra, Menggala.

Latihan Matra Udara Jalak Sakti 1 sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 12 Juni 2024.

Kasat Lantas Polres Tulang Bawang AKP Khoirul Bahri mengatakan, atas adanya pelaksanaan Latihan Matra Udara Jalak Sakti 1 di Lanud BNY untuk sementara jalan penghubung lintas timur kecamatan Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah – Menggala Tulang Bawang akan ditutup sementara. Penutupan sementara Jalintim Tulang Bawang tersebut dimaksudkan juga untuk keselamatan pengguna jalan dan masyarakat setempat selama latihan tempur berlangsung.

Sebelumnya diberitakan, Komando Operasi Udara I (Koopsud) akan menggelar latihan tempur di Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Pangeran M Bun Yamin (BNY) di Tulang Bawang, Lampung.”Jadi profesional dan ketangguhan para prajurit TNI AU disini akan diuji,” kata Letkol Yosi.Latihan tempur tersebut rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 12 Juni 2024 di Air Weapon Range (AWR) dan Runway Lanud BNY.

Kegiatan yang diberi nama Jalak Sakti dan Trisula Perkasa 2024 tersebut direncanakan akan menghadirkan ribuan prajurit TNI AU.

Komandan Lanud (Danlanud) BNY Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto mengatakan, latihan tempur tersebut bertujuan untuk menguji ketangkasan dan kemampuan para prajurit. Selain latihan antar satuan Jalak Sakti, Koopsud I juga akan melakukan latihan puncak Trisula Perkasa Komando Pasukan Gerak Cepat TNI AU.

Para prajurit yang terlibat nantinya akan diuji kemampuan dan ke profesionalannya dalam skenario pertempuran udara modern sesuai dengan doktrin TNI AU Swa Bhuwana Paksa.Berbagai Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista) canggih dan terbaik TNI AU rencananya akan dilibatkan dalam latihan tempur ini.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono beserta unsur pimpinan Koopsud I dijadwalkan akan hadir dalam latihan tempur ini. (MBPN-SUNARDI)