• Jum. Jun 18th, 2021

Menindaklanjuti Pelaksanaan Vaksin, Karumkit TK. II Udayana Ikuti Vidcon Kemenkes RI

Byadmin

Feb 8, 2021

Bhayangkara Perdana News Bali, Denpasar – Dalam menindaklanjuti perkembangan pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan seluruh daerah di Indonesia sebagai langkah dan upaya yang dilakukan pemerintah pusat sehingga dapat mempercepat dalam menanggulangi penyebaran dan pencegahan Covid-19.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut Karumkit TK. II Udayana Kolonel Ckm dr. I Made Putra Yukti Mardayasa, Sp. An., M.A.R.S., mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) pelaksanaan kegiatan vaksin melalui video conference (Vidcon) yang dipimpin langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC., CLI., bertempat di Ruang Yudha Puskodalops Kodam IX/Udayana, pada Senin (8/2/2021).

Rakor yang membahas tentang Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, diawali dengan paparan yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI yang intinya, diharapkan kepada seluruh Kepala Daerah bekerjasama dengan TNI, Polri dan seluruh jajaran kesehatan daerah dapat memastikan pelaksanaan kegiatan suntik Vaksin tahap pertama dalam minggu ini selesai dilaksanakan.

“Diharapkan kepada 10 sampai 15 Provinsi prioritas termasuk Provinsi Bali yang kegiatan vaksinasi paling besar agar segera menuntaskan pelaksanaan kegiatan vaksinasi tahap pertama dalam minggu ini, sehingga dapat melaksanakan vaksinasi tahapan berikutnya”, tegas Menkes RI.

Sampai saat ini masih ada 67 Kabupaten/Kota yang belum memulai pelaksanaan kegiatan vaksinasi tersebut, diharapkan dalam minggu ini segera dimulai. Bagi peserta Nakes yang batal melaksanakan vaksin agar dihimpun datanya sehingga apabila ada perubahan menstriding atau kebijakan akan memudahkan menghubunginya.

“Kegiatan vaksinasi untuk para Lansia (Lanjut Usia) khususnya para Nakes mulai hari ini Senin (8/2/2021) dapat dilaksanakan, dimana ada sekitar 11.000 orang Nakes yang Lansia berumur diatas 60 tahun agar segera dilakukan vaksinasi tahap pertama”, Ujar Menkes RI.

Lebih lanjut Menkes RI menekankan agar menghabiskan seluruh stok Vaksin yang ada, karena batas kadaluarsa/exvayet hanya 6 bulan, sehingga distribusi vaksin tahan ke II nantinya akan disesuaikan jumlahnya dengan pelaksanaan vaksinasi tahap pertama. Laksanakan sosialisasi dan koordinasi dengan semua pihak untuk meyakinkan masyarakat agar dapat melaksanakan dan mensukseskan vaksinasi tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Mendagri RI Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., menyampaikan yang intinya, seluruh pihak terutama Kementerian Dalam Negeri siap mensukseskan program vaksinasi massal yang ditetapkan oleh pemerintah RI termasuk upaya yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI untuk pengadaan dan pendistribusian vaksin tersebut.

Terkait peran Pemerintah Daerah terutama dalam pelaksanaan distribusi dan pelaksanaan vaksinasi, diharapkan setiap daerah memiliki line of action rencana pendistribusian vaksin ke setiap Kabupaten/Kota sampai ketingkat Puskesmas di kecamatan dan desa untuk pelaksanaan penyuntikan vaksin tersebut, sehingga program vaksinasi tahap pertama khususnya bagi Nakes ini yang diharapkan oleh pemerintah pusat dapat tercapai dalam minggu ini.

“Untuk mencapai kecepatan dan keberhasilan vaksinasi yang lebih tinggi, selain difokuskan di Puskesmas, dapat juga menggunakan Balai pertemuan, Gedung olahraga, termasuk fasilitas milik TNI dan Polri. Fasilitas mobile dapat digunakan untuk didaerah yang agak sulit guna mensukseskan vaksinasi massal tersebut” ujar Mendagri.

Selanjutnya diharapkan kepada semua Pemerintah Daerah agar selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan TNI, Polri serta stakeholder terkait lainnya, terkait pengamanan dan penerimaan maupun pendistribusian vaksin tersebut, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi dapat berjalan sesuai rencana pemerintah pusat.

Mengakhiri Rakor Menkes RI menyampaikan harapan kepada seluruh daerah agar memasukkan visibility datanya secara terus-menerus sehingga adanya kesamaan konsolidasi data, khususnya daerah yang masih tinggi penularannya termasuk cakupan penerimaan vaksin dapat dilaksanakan sesuai dengan harapan semua pihak.

Ikut hadir mendampingi Karumkit TK. II Udayana dalam Rakor tersebut antara lain, para Waas Kasdam IX/Udayana dan Wakakesdam IX/Udayana dengan tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan. (Pendam IX/Udy / MBP-Arda Oka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *