• Kam. Jul 25th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Pangdam IV/Diponegoro Dampingi Panglima TNI Ziarah ke Makam Jenderal Besar TNI Soedirman

ByMBP-NEWS

Okt 4, 2023

YOGYAKARTA | bhayangkaraperdananews.com – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono mendampingi Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A. berziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Rabu (4/10/2023).

Ziarah diawali dengan penghormatan kepada para arwah Pahlawan yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI dilanjutkan memanjatkan doa. Rangkaian upacara diakhiri dengan peletakan karangan bunga di Tugu Taman Makam Pahlawan dan tabur bunga.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Richard Harison, S.I.P., mengatakan pelaksanaan ziarah ke Taman Makam Pahlawan tersebut merupakan tradisi tahunan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia dalam rangka menyambut HUT TNI. Di HUT ke-78 tahun 2023 ini mengangkat tema “TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”

“Baik dari Matra Darat, Laut maupun Udara dari jajaran Tentara Nasional Indonesia seluruhnya menggelar ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan yang ada di wilayahnya masing-masing,” ucap Kapendam.

Ditambahkan Kapendam bahwa makna dari ziarah rombongan yang dilaksanakan yakni untuk mengenang kembali jasa maupun perjuangan para Kusuma Bangsa dalam mempertaruhkan jiwa raga demi kemerdekaan Indonesia. Kegigihan serta keikhlasan para Pahlawan diharapkan bisa diteladani oleh seluruh Prajurit TNI.

“Semoga ziarah yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran TNI ini menjadikan refleksi bagi seluruh Prajurit untuk meneladani sifat dan keteguhan dari para Pahlawan,” tutup Kapendam. (MBPN-Sunarno/Pendam IV/Diponegoro)