• Sab. Apr 20th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Perum Perhutani Pekalongan Barat Apel Siaga Pencegahan Karhutla

ByMBP-NEWS

Sep 15, 2021

PEKALONGAN, bhayangkaraperdananews.com – Wakil Administratur KPH Pekalongan Barat Rani Maharto, S.Hut memimpin apel gelar pasukan kesiap siagaan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di petak 48 kawasan hutan wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Gununglarang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Salem KPH Pekalongan Barat. (15/09/2021)

Hadir dalam kegiatan tersebut Forkompincam Kecamatan Salem Kabupatem Brebes dan Lembaga Masyarak Desa Hutan ( LMDH wilayah Gununglarang, Asper/KBKPH Salem Rusman, Asper/KBKPH Bantarkawung Sujono, perwakilan KRPH dan Mandor Polter dari BKPH Salem, Paguyangan dan Bantarkawung.

Dalam sambutannya Waka Adm Rani Maharto S.Hut mewakil Adm KPH Pekalongan Barat Ir Gunawan Catur HR menyampaikan dalam pelaksanaan Apel kesiapsiagaan ini ada beberapa langkah yang di lakukan dalam upaya menekan terjadinya kebakaran hutan khususnya di wilayah hutan KPH Pekalongan Barat.

Saat ini pendekatan yang kita terapkan adalah pendekatan pencegahan yang di lakukan oleh petugas kami dengan melibatkan masyarakat sekitar hutan dengan dukungan semua unsur pemerintah dan beberapa stakeholder lainnya, ujarnya.

Di setiap BKPH sudah kita aktifkan Pos Komando (Posko) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (DalKarhutla) dan sudah kita minta kepada mereka utamanya sistem peringatan dini harus berjalan, sehingga jika ada kebakaran hutan harus segera mungkin bisa di atasi, tambahnya.

Lebih lanjut Rani Maharto S.Hut menegaskan kepada jajarannya agar senantiasa memberikan penjelasan penyuluhan dan pemahaman kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran di dalam kawasan hutan, memasang rambu-rambu peringatan rawan kebakaran hutan yang di tempatkan pada kawasan hutan yang rawan kebakaran hutan serta menyiapkan alat pemadam api di setiap Posko DalKarhutla yang bisa di gunakan oleh petugas dan masyarakat dalam memadamkan api sedini mungkin dan bersikap cepat tanggap bila terjadi kebakaran hutan.

Menanggapi adanya acara Apel Siap Siaga Karhutla yang di laksanakan Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat, Camat Salem Wartoid S.IP, M.Si menyambut baik dan mengapresiasi adanya Siap Siaga Karhutla yang di bentuk oleh Perum Perhutani di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes dan akan selalu berupaya untuk mendukung segala upaya yang di laksanakan dalam penanganan Karhutla kolabarasi antara Muspika, MMP, MPA, dan LMDH dalam pengendalian kebakaran hutan,” ujarnya. (MBPN – Pirman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *