• Sab. Apr 20th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022 Jawa Tengah Resmi Dibuka Pangdam IV/Diponegoro

ByMBP-NEWS

Jun 21, 2022

SEMARANG,Bhayangkaraperdananews.com – Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono secara resmi membuka gelaran Turnamen Piala Kasad Liga Santri PSSI TA. 2022 wilayah Jateng, bertempat di lapangan bola Yonarhanud 15/DBY, Jl. Kesatrian, Jatingaleh, Kec. Candisari, Senin (20/06/2022).

Pada kesempatan yang sama, gelaran Turnamen Piala Kasad Liga Santri PSSI TA. 2022 yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia tersebut juga secara resmi dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., melalui Vidcon dari Stadion Merdeka, Jombang, Jatim.

Melalui amanat yang dibacakan oleh Pangdam IV/Diponegoro, Kasad menyampaikan turnamen tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian TNI AD akan kemajuan sepak bola Indonesia, dimana olah raga kulit bundar tersebut merupakan salah satu olah raga yang paling digemari semua kalangan usia dan semua lapisan masyarakat.

“Secara khusus kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi para Santri seluruh Indonesia yang ada di 34 Provinsi,” ungkap Kasad.

Turnamen diawali mulai tingkat Kabupaten/Kota dari 20 Juni hingga 30 Juli, dilanjutkan tingkat Provinsi dari 7 Agustus hingga 23 September, hingga tingkat Nasional dari 25 September hingga 22 Oktober, tentunya dengan menampilkan tim-tim terbaik yang lolos dari tingkat Provinsi.

Selain sebagai wadah untuk menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat, kegiatan tersebut juga berfungsi sebagai wahana dalam rangka pembinaan potensi sepak bola bagi generasi muda, sekaligus mencari talenta berbakat yang kiranya dapat mengharumkan nama Indonesia di level Internasional.

Kepada seluruh peserta Kasad berpesan agar selama pertandingan harus dilakukan dengan semangat, fokus dan optimal dalam menunjukkan potensi diri guna mencapai prestasi terbaik, namun tentunya dengan selalu menjunjung sportivitas. Kasad juga menekankan kepada panitia penyelenggara agar pertandingan selalu menjunjung tinggi fair play.

“Hanya pemain yang bermental kuat dan memiliki jiwa petarung yang akan mencapai kemenangan dan hasil terbaik dalam setiap pertandingan. Untuk itu junjung sportivitas, kedepankan rasa persahabatan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan agar meningkatnya soliditas dan solidaritas sesama Santri,” tandasnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, kepada awak media Pangdam IV/Diponegoro menjelaskan untuk wilayah Kodam IV/Diponegoro turnamen tersebut diikuti oleh 164 tim dengan 4.592 peserta. Dengan maksud untuk mencari bibit unggul pemain sepak bola dari kalangan Santri, sekaligus sebagai ajang silaturahmi sesama Santri dengan TNI AD serta seluruh masyarakat.

“Mudah mudahan ini dapat memberikan tambahan kebahagiaan, hiburan maupun rekreasi untuk para Santri diluar waktu belajar mengajar. Mudah mudahan dari mereka juga ada yang berprestasi,” ungkap Pangdam.

Ditempat yang sama, Bpk. Yoyok Sukawi selaku Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jateng menambahkan bahwa pihaknya menyambut dengan gembira Turnamen yang digelar oleh TNI AD tersebut, sebab saat ini pembinaan sepak bola semakin diperhatikan, untuk itu Asprov bersama dengan seluruh Askot di Jateng siap mendukung penuh pelaksanaan Turnamen tersebut.

“Asprov bersama dengan seluruh Askot di Jateng siap mendukung penuh para panitia penyelenggara, khususnya TNI AD dalam mensukseskan Turnamen Piala Kasad ini,” tandasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh
Irdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P., Kapok Sahli Pangdam Brigjen TNI Joko Triyanto, S,E., M.M., para Asisten Kasdam, Kabalakdam, para Dansat, Kadisporapar, Ketua Koni, Kakankemenag Provinsi Jateng serta Forkopimda Semarang. (MBPN-Sunarno/Pendam IV/Diponegoro)