• Sel. Nov 30th, 2021

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Pilkades Lae Butar ; Formulir C1 Hanya Diteken Seorang Saksi

Byadmin

Nov 16, 2021

Aceh Singkil, bhayangkaraperdananews.com – Desa Lae Butar salah satu Desa yang ikut mengadakan Pilkades serentak Kab.Aceh Singkil, Prov.Aceh tahun 2021, yang diadakan Minggu (14/11).

Perhelatan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) di Desa Lae Butar kec.Gunung Meriah, salah satu yang seru dan terpadat dengan DPT(Daftar Pemilih Tetap) terbanyak di Aceh Singkil. Pelaksanaan acara pencoblosan hingga penghitungan suara di Desa Lae Butar tergolong Sukses, walaupun agak alot dikarenakan ada beberapa protes dari para kandidat Calon Kades.

Penghitungan suara di desa itu yang diadakan dalam 2 TPS, berakhir hingga larut malam. Dalam rekap yang sudah ditetapkan oleh P2K desa, Zulkarnain nomor urut 4, berjaya untuk meraih kursi 01 desa Lae Butar, dengan perolehan 497 suara.

Dari 4 Kontestan yang tampil, Zulkarnain melenggang jauh meninggalkan pesaing nya. Walau Zulkarnain pendatang baru dan masih Melajang itu, namun tidak membuatnya gentar dan canggung dalam perhelatan menuju tampuk pimpinan raja di sebuah Desa yang berpenduduk Ribuan jiwa itu.

Walau agak janggal bahwa ada dua saksi yang tidak mau teken, namun keunggulan Zulkarnain tidak tergoyahkan lagi. Persoalan kecil mungkin terjadi di Pilkades Lae Butar tersebut ialah, bahwa Formulir C1 hanya diteken oleh seorang saksi dari nomor urut 4 saja, yaitu saksi Zulkarnain. Saksi dari 3 kandidat lainnya sama sekali tidak ada yang menanda tangani. “Hingga hari ini tgl, 16/11, formulir C1 rekapitulasi suara, hanya diteken oleh seorang saksi yaitu dari nomor urut 4 saja”, ujar ketua P2K, Asrel Nas.

Dijelaskan Asrel, saksi nomor urut 1, sejak awal memang tidak hadir. Kemudian saksi nomor urut 2, 3 dan 4 memang hadir di TPS. Namun ketika sudah selesai perekapan suara dan sudah seharusnya diteken masing-masing saksi, ternyata hanya saksi nomor 4 saja yang membubuhkan tanda tangannya. Yang lain tidak ada menanda tangani, ungkap Asrel.

Belum dapat terkonfirmasi, mangapa saksi dua kandidat itu tidak mau menanda tangani rekap suara dalam formulir C1 tersebut. Ditengarai ada persoalan yang dianggap melanggar aturan maupun temuan pelanggaran dalam pelaksanaan di desa Lae Butar tersebut.

Kasi Pemerintahan kecamatan Gunung meriah, Saiful, mengatakan kepada awak media, bahwa P2K Lae Butar sudah menyerahkan laporan rekap suara beserta berkas lainnya pada hari Senin tgl,15/11 ke kantor Camat.

Diterangkan Saiful, bahwa Formulir C1 itu hanya ditanda tangani oleh seorang saksi saja, itu tidak masalah ! Tegas nya. “Dari pencoblosan hingga penghitungan suara, sudah sesuai mekanisme dan aturan. Apa yang diserahkan P2Kdesa Lae Butar, kami sudah terima dan akan kita lanjutkan ke pihak Kabupaten. Kalau formulir C1 hanya diteken seorang saksi, ya..nanti begitulah kita sampaikan. Tentang ada pihak yang mempersoalkan atau menggugat, sah-sah saja dan semua itu ada salurannya sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku”, jelas Saiful.

Adapun perolehan suara Pilchiksung (Pilkades) di desa Lae Butar ialah; Nomor urut 1 Susilawati,ST 20 suara.
Norut 2 Tamiruddin Lingga, 374 suara. Norut 3 Abdul Manaf bancin, 165 suara, dan norut 4 Zulkarnain, 497 suara.
Kemudian; jumlah DPT, 1836. Suara sah, 1056. Suara rusak, 425, dan Golput , 335.

Dari awal proses pemilihan dimulai, tampak masyarakat memakai masker, namun sulit untuk menerapkan Prokes semestinya. Acara berlangsung aman dan terkendali, dengan pengawalan TNI-POLRI dan Linmas, BPG dan Pj.Kades, beserta semua perangkatnya. kemudian turut kehadiran para Tokoh masyarakat dan antusiasme dari warga Lae butar, juga dari warga desa lain untuk menyaksikan jalannya Pemilihan. (MBPN- 02_A/HT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *