• Jum. Jul 19th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Polres Lahat Lakukan Pengawalan dan pengamanan aksi unjuk rasa damai

ByMBP-NEWS

Okt 2, 2023

LAHAT | bhayangkaraperdananews.com -senin 02 oktober 2023, pukul 10.00 wib bertempar di halam pemda kab. Lahat, kapolres lahat AKBP S. Kunto Hartono SIK. MT, yang diwakili waka polres lahat kompol Roy Aprian Tambunan SP. SIK memimpin langsung pengamanan aksi unjuk rasa damai nasyarakat desa gunung kembang kec merapi timur ke kantor pemda lahat.

Massa unras dari desa gunung kembang sebagai korlap saudara Chairul dan penanggug jawab saudara Wakidi dengan jumlah massa kurang lebih 500 orang dengan tuntutan :

  • hentikan operasional galian C dialiran sungai lematang milik saudara Solehan.
  • cabut izin usaha galian C oleh CV. DS Permata yg sudah merusak lingkungan sungai lematang.
  • usut Pungli yang dilakukan oleh saudara kades dan perangkat desa gunung kembang.
  • non aktifkan kades gunung kembang, karena masyarakat di persulit untuk setiap berurusan.

Massa di kawal langsung oleh kapolsek merapi barat AKP Husin SH, dan anggota sampai di halaman pemda lahat, dan di sambut team negosiator polres lahat yang di pimpin oleh kapolsek kota AKP Samsuardi dan kasat samapta AKP Aprianto SH.

Massa setiba di depan rumah dinas bupati, dan tidak di perbolehkan masuk dihalaman pemda lahat langsung melakukan Orasi secara bergantian yg di tujukan kepada bupati lahat., yang selanjutnya atas negosiasi antar korlap dan team negosiator polres lahat dapat diambil keputusan hanya 8 orang perwakilan masyarakat yg akan menghadap bupati lahat yang diwakilinoleh Asisten I bapak Drs. Rudi Thamrin dan pejabat pemda lainya, untuk polres di wakili oleh kasat intel AKP Mulyono SH.

Dari hasil pertemuan pihak pemda akan meninjau kembali usulan surat izin yg di mikiki CV. DS. Permata milik saudara Sholekan mengingat surat izin yg mengeluarkan adalah dari dinas konserpasi dan perizinan tingkat I propinsi sumsel, untuk adanya indikasi pungli yg di lakukan oleh kepala desa dan perangkat pemda, kejaksaan dan polres lahat, akan menyelidiki pengaduan masyarakat.

Pada pukul 13.30 wib rombongan unras mulai membubarkan diri, meskipun sebagian masyarakat masih kurang puas dengan perwakilan masyarakat, akan tetapi setelah di bujuk dan di jelaskan masyarakat akirnya membubarkan diri dan di kawal kembali oleh pihak polsek kikim barat.

Kasubsi penmas humas polres lahat Aiptu Lispono SH. ( MBPN-ZAINAL )