• Sen. Jun 24th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Pucuk Pimpinan Berganti, Kanwil Kemenkumham Bali Sambut ‘Nahkoda’ Baru

ByMBP-NEWS

Sep 25, 2023

DENPASAR | bhayangkaraperdananews.com – Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly kembali Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Fungsional Ahli Utama di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Senin (25/9/2023). Adanya pelantikan ini, estafet kepemimpinan di Kantor Wilayah Kemenkumham Bali pun turut berganti.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Fungsional Ahli Utama di Lingkungan Kemenkumham dilangsungkan secara terpusat di Graha Pengayoman, Jakarta yang diikuti oleh para pimpinan tinggi yang dilantik mulai dari jajaran Unit Eselon I, Kantor Wilayah hingga Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Hadir secara langsung, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Gun Gun Gunawan, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Sugito, Kepala Divisi Administrasi, Mamur Saputra dan diikuti secara daring oleh jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Bali di Ruang Darmawangsa Kantor Wilayah.

Dalam pelantikan tersebut, pucuk pimpinan Kantor Wilayah Kemenkumham Bali yang dipimpin Anggiat Napitupulu resmi digantikan oleh Romi Yudianto yang sebelumnya merupakan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Nusa Tenggara Barat (NTB).

Anggiat Napitupulu kini mengemban tugas baru sebagai Direktur Kerjasama Keimigrasian pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham. Selain itu promosi jabatan juga terjadi pada Kepala Divisi Pemasyarakatan, Gun Gun Gunawan yang kali ini menjalankan tugas sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Timur. Tak hanya dua pimpinan Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, pergantian pimpinan juga terjadi pada UPT Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai yang sebelumnya dijabat oleh Sugito yang kini beralih tugas sebagai Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau, digantikan oleh Suhendra yang sebelumnya berdinas di Ditjen Imigrasi Kemenkumham.

Sejalan dengan hal tersebut, adapun posisi Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Bali yang baru dijabat oleh I Putu Murdiana yang sebelumnya bertugas sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya selepas Melantik dan Mengambilan Sumpah Jabatan, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengucapkan selamat kepada pejabat yang telah dilantik hari ini mampu menggerakkan gerbong organisasi yang dipimpinnya, menjalankan amanah yang sangat berharga tersebut dengan terus menunjukkan kinerja terbaik dengan segenap kerendahan dan ketulusan hati, berdedikasi, loyal serta berintegritas.

“Pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama ini merupakan hasil dari pelaksanaan manajemen talenta dan penyelenggaraannya telah mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai bagian dari implementasi pola pembinaan organisasi dan pembinaan karir pegawai untuk lebih mendinamiskan kinerja dan roda organisasi agar terus menghasilkan kualitas yang semakin optimal”, ungkap Yasonna.

Yasonna juga menyampaikan terkait mutasi dan promosi adalah hal yang biasa dalam dinamika organisasi sebagai tour of area and tour of duty dan penyegaran. Pengangkatan dalam jabatan baru, baik dalam alih tugas dan promosi jabatan merupakan sebuah bentuk kepercayaan serta serta kehormatan yang harus dijunjung tinggi dan diterima dengan penuh rasa syukur.

“Amanah yang diberikan dapat menjadi pemicu semangat dalam meningkatkan motivasi dan kreativitas, sehingga dapat melahirkan gagasan-gagasan baru untuk lebih meningkatkan pelaksanaan tugas dan kinerja organisasi”, pungkasnya.

Momentum pergantian pimpinan pada Kantor Wilayah Kemenkumham Bali diharapkan dapat dijadikan pemantik semangat dalam peningkatan kinerja yang semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif) juga menciptakan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih optimal dan prima dalam melayani. (MBPN-Arda Oka)