• Sab. Des 4th, 2021

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Puskesmas Metro Bebenah Dalam Pelayanan Air

Byadmin

Okt 22, 2021

METRO, bhayangkaraperdananews.com – Acara Workshop Dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Metro di Gedung IDEA Metro,( 21/10/2021).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kota Metro dr. Erla diwakili oleh Tatik, kabid Kesehatan bahwa untuk pelayanan dan tingkat Sanitasi air adalah sangatlah penting.

Dalam Kegiatan Pelatihan dan penyusunan Wash tentang air bersih Bambang Sujatmoko, Anggi haryono, dan Yuliana, sebagai narasumber akan melibatkan semua komponen dibidang penggunaan air juga pada pelayanan jamban Disabilitas pada setiap Puskesmas yang ada di Kota Metro, Anggi Haryono sebagai Fasilitator langsung kerjasama dengan Walikota Metro di Bidang Kesehatan penggunaan air bersih terutama untuk pelayanan insan yang lemah sepeti orang tua usia Lanjut dan fasilitas Jamban serta bisa berharap dapat terlayani dengan Baik terutama bagi Kaum lemah yaitu. Penyandang Disabilitas dan fakir miskin, pelayanan bagi mereka adalah sangat penting dan harus maju dengan baik, Sanitasi adalah merupakan Layanan air bersih.

Devi dari WHO pusat Jakarta menanggapi dan langsung merespon dengan baik atas pertanyaan Widia Metro Edi Karyoto Kami mendukung kegiatan ini, akan tetapi apakah pelayanan betul akann dapat berubah maju perlahan atau hanya pelan belum pasti sebab ini semu adalah merupakan tugas tanggung jawab bagi semua Puskesmas di Seluruh indonesia.

Tetapi kata Devi dari Organisasi Kesehatan Dunia WHO pelayanan dan Pengguna air bersih adalah tugas Dinas Kesehatan diseluruh indonesia apalagi kalau Jamban sudah berdempetan dengan rumah samping Sebelah itupun sangat dibutuhkan tentang Sumur gali dan Sumur bor, Puskesmas yang terlihat pelayanan Wc /tongrong Jamban Klosed belum ada sangat sangat harus ditegur disemua Kantor Diseluruh Indonesia masih juga belum memperhatikan tentang bagian Kesehatan seperti ini.

Ada empat Puskesmas yang sudah mulai baik terutama di Metro Selatan yang namanya sedot Wc di Rejomulyo sudah dilakukan Dengan cara arisan supaya harapan untuk hidup sehat itu sangat segera tercapai setiap hari.

Dikatakatan oleh Kader Pkk Rejomulyo saat dalam acara Worsk shop pelatihan tentang Penggunaan air bersih dari tanggal 21oktober S/D tanggal 23 Okto di Jl, Ar Prawiranegara Gedung IDEA Metro diikuti oleh Lima Puskesmas Sekota Metro yang melibatkan Pakar Kesehatan dibidang penggunaan air bersih pada Empat Puskesmas Yaitu; Puskesmas. Iringmulyo, Yosodadi, Karangrejo, Metro Pusat, Banjarsari, dan Mulyojati, Kesemua ini adalah yang setiap hari dalam melayani masyarakat langsung berbagai macam keluhan.

Tidak jauh bedanya untuk ibu-ibu dan kaum Wanita pembuangan softek dan tempat sampah juga dibahas dalam acara ini, tempat sampah dan untuk Wc/jamban pria wanita agar tidak boleh berdekatan jaraknya, bagi perempuan dan penggunaan serta pelayanan adalah sangat rentan karena terdeteksi pada tamu bulanan Anggi, Dedi, Yuliana Fitri, Devi dari WHO tetap monitor meskipun melalui Zoom Meting. (MBPN- EDK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *