• Sel. Agu 9th, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

SPBU jangan persulit Petani, Nelayan dan UMKM yang telah memenuhi syarat seperti dalam Perpres 191 tahun 2014

ByMBP-NEWS

Mei 31, 2022

PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 191 TAHUN 2014 TENTANG PENYEDIAAN, PENDISTRIBUSIAN DAN HARGA JUAL ECERAN BAHAN BAKAR MINYAK

BALI, bhayangkaraperdananews.com – I Nyoman Parta, SH Selaku DPR RI Dapil Bali dari Partai PDIP Bali menyikapi terkait harga jual bahan bakar minyak terutama untuk petani dan nelayan, yang selama ini keluhan dari para petani dan nelayan tentang pembelian bahan bakar minyak mengalami kesulitan di SPBU.

Dalam hal ini I Nyoman Parta, SH mengungkapkan bahwa, Untuk nelayan di perpres 191 tahun 2014, Nelayan yang menggunakan kapal ikan Indonesia dengan ukuran maksimum 30 (tiga puluh) GT yang terdaftar di Kementerian Kelautan dan Perikanan, SKPD Provinsi/Kabupaten/Kota yang membidangi perikanan dengan verifikasi dan surat rekomendasi dari Pelabuhan Perikanan atau Kepala SKPD Provinsi/ Kabupaten/Kota yang membidangi perikanan sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

Untuk petani di Perpres 191 tahun 2014, Petani/kelompok tani/Usaha Pelayanan Jasa Alat Mesin Pertanian yang melakukan usaha tani tanaman pangan, holtikultura, perkebunan dengan luas maksimal 2 (dua) Hektare, dan peternakan dengan menggunakan mesin pertanian dengan verifikasi dan rekomendasi dari Lurah/Kepala Desa/Kepala SKPD Kabupaten/ Kota yang membidangi pertanian.

Untuk UMKM di perpres 191 tahun 2014, Mesin-mesin perkakas yang motor penggeraknya menggunakan Minyak Solar untuk keperluan usaha mikro. Pembelian dilakukan dengan verifikasi dan surat rekomendasi dari Kepala SKPD Kabupaten/Kota yang membidangi Usaha Mikro.

Kepada pihak pemerintah yang terkait  agar dapat membantu memberikan kemudahan dalam penjualan bahan bakar minyak khususnya untuk para petani dan nelayan, karena dari merekalah hasil bumi dari petani dan ikan dari nelayan yang didapat, kalau seandainya dipersulit maka akan berpengaruh dengan hasil dan harga, Ungkap I Nyoman Parta, SH., Selaku DPR RI Dapil Bali dari Partai PDIP Bali. (MBPN-Nengah Suena)