• Sab. Jul 20th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Tindak Lanjut Arahan Kadiv Humas Polri, Bid Humas Polda Bali Gelar Rakernis Jajaran Tahun 2024

ByMBP-NEWS

Jun 12, 2024

BALI | bhayangkaraperdananews.com – Bidang Hubungan Masyarakat (Bid Humas) Polda Bali menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Humas Polda Bali Tahun 2024 dengan tema ”Humas Polri Yang Presisi, Siap Mendukung Stabilitas Kamtibmas Yang Kondusif Dalam Proses Demokrasi Guna Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan”.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kabid Humas Polda Bali Kombes. Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H., berkesempatan untuk hadir dan membuka kegiatan Rakernis Humas Polri Polda Bali Tahun 2024, yang bertempat di Hotel Nirmala Denpasar, Rabu (12/6/2024).

Kegiatan Rakernis Humas Polri Polda Bali Tahun 2024 ini juga dihadiri oleh Kasubbid Penmas, Kasubbid PID, Kasubbid Mulmed, Kasubagrenmin, narasumber, personel Bid Humas Polda Bali, dan seluruh Kasi Humas dari Polres Jajaran Polda Bali serta seluruh personel pengemban fungsi Humas pada PPID Jajaran Satker Polda Bali.

Rakernis Humas yang digelar ini merupakan tindak lanjut dari Arahan Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Dr. Sandi Nugroho, S.I.K., S.H., M.Hum., pada Rakernis Divisi Humas Polri yang telah diselenggarakan Tanggal 22 sampai dengan 26 April 2024 dan dihadiri oleh seluruh Kabid Humas Polda seluruh Indonesia, yang bertempat di Surabaya.

Di era Digitalisasi sekarang, Humas Polri menjadi etalase Polri, yang artinya baik buruknya Polri tergantung pada peranan humas. Hal ini bisa kita lihat pada event internasional yang dilaksanakan pada bulan Mei lalu yakni pada KTT WWF ke-10 yang dilaksanakan di Nusa Dua, Bali. Dimana kegiatan tersebut telah berjalan dengan aman dan kondusif, hal ini merupakan prestasi bagi Polri dimata dunia, karena telah berhasil mengamankan event internasional tersebut, dan sangat diapresiasi melalui jejaring media sosial dan media online oleh Humas secara khusus dan oleh insan pers pada umumnya.

Dalam sambutannya, Kabid Humas Polda Bali Kombes. Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H., menyampaikan terkait Perkadivhumas Polri No. 1 Tahun 2024 Tentang Standar Oprasional Prosedur (SOP) di lingkungan Divhumas Polri dalam upaya pengoptimalisaai peran Humas yang Presisi dalam menciptakan situasi kantibmas yang kondusif.

”Untuk menindaklanjuti hal tersebut, maka seluruh personel Polri, khususnya anggota Humas berkewajiban untuk mendownload Portal Humas Polri dan dijadikan sarana pengembangan diri dalam informasi dan komunikasi kehumasan, karena terdapat fitur e-learning untuk pembelajaran mandiri,” jelasnya.

Alumi Akpol 1996 yang pernah menjabat sebagai Kapolresta Denpasar ini juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan keikutisertaan seluruh personel Polda Bali pada kegiatan ini dan menyampaikan juga bahwa kegiatan Rakernis Humas menjadi sebuah kebutuhan bagi instansi Polri, karena sentralnya peran dari kehumasan. Sehingga diharapkan seluruh personel untuk terus belajar, berlatih dan meningkatkan kemampuan secara mandiri sehingga mampu mendukung kegiatan oprasional kesatuan pada fungsi Humas.

”Karena belajar dan berlatih tidak harus dilembaga pendidikan, akan tetapi bisa dan dapat dilaksanakan dimana saja. Untuk itu saya ucapkan selamat datang kepada para peserta Rakernis Humas Polda Bali dan juga terima kasih kepada seluruh penyelenggara kegiatan ini,” ucapnya.

Kabid Humas juga berharap seluruh materi yang disampaikan narasumber pada kegiatan Rakernis Humas tersebut menjadi peningkatan kemampuan anggota Humas Polri dalam menjalankan tugas sesuai peranan dan fungsinya.

”Bagi peserta pelatihan agar memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah pengetahuan dan keahlian dalam bidang kehumasan, sehingga para pengemban fungsi kehumasan di lingkungan Polda Bali dan jajaran semakin terlatih dan terampil,” ungkapnya.

Pada akhir kegiatan Rakernis Humas Polri Polda Bali dilakukan pembulatan dan ditutup oleh Kabid Humas Polda Bali serta sesi foto bersama.(MBPN-Arda Oka)