• Kam. Jul 25th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

TMMD Reguler ke-118 TA 2023, Kolaborasi TNI dan Masyarakat Untuk Kemajuan Jawa Tengah

ByMBP-NEWS

Sep 20, 2023

SEMARANG | bhayangkaraperdananews.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-118 di Jajaran Kodam IV/Diponegoro TA 2023 telah resmi dibuka di empat wilayah di Jawa Tengah, meliputi Kodim 0713/Brebes, Kodim 0708/Purworejo, Kodim 0715/Kendal, dan Kodim 0728/Wonogiri.

Program TMMD adalah wujud Dukungan TNI untuk membantu Pemda dalam percepatan program pembangunan di daerah guna memberikan manfaat nyata bagi masyarakat khususnya yang tinggal di desa-desa dan daerah pelosok yang minim akan ketersediaan infrastruktur dan fasilitas umum. Hal tersebut disampaikan oleh Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Richard Harison, S.I.P. pada Rabu (20/9/2023).

Pembukaan TMMD ditandai dengan penandatanganan Berita Acara oleh masing-masing Kepala Daerah dengan disaksikan para pejabat Forkopimda, unsur TNI-Polri, unsur Pemda, tokoh agama, pemuda, masyarakat dan organisasi kemasyarakatan. Kegiatan TMMD Reguler ke-118 mengusung tema “Sinergitas Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat“.

Kapendam juga menambahkan dengan adanya TMMD ini diharapkan masyarakat di lokasi kegiatan juga bisa merasakan hasil pembangunan fisik secara merata seperti pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, talud dan pembuatan gorong gorong serta rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Selain pembangunan sasaran fisik, TMMD juga melaksanakan kegiatan dengan sasaran non fisik seperti penyuluhan Wasbang, Kamtibmas, kebencaaan, pertanian, UMKM, kesehatan, keterampilan, stunting, KB, pengobatan gratis, donor darah, bahaya Narkoba, pencegahan radikalisme, hingga sosialisasi penerimaan prajurit dan pembagian bantuan sembako kepada masyararakat.

“TMMD adalah bentuk konkret dari sinergi antara TNI-Pemda dan masyarakat dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan bersama.

Semangat gotong royong dan kebersamaan diharapkan mampu memperkuat kemanunggalan antara TNI dan Masyarakat,” ungkapnya.

Kolonel Inf Richard Harison, S.I.P., juga menegaskan pentingnya peran aktif seluruh elemen masyarakat dalam mensukseskan program ini.

“Kita semua adalah bagian dari satu kesatuan, mari kita tingkatkan kemitraan, saling mendukung, dan bergotong royong demi terwujudnya kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat yang lebih baik,” tegasnya.

Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di wilayah Kodim 0713/Brebes, Kodim 0708/Purworejo, Kodim 0715/Kendal, dan Kodim 0728/Wonogiri. Selain di empat wilayah tersebut, pada hari ini juga secara serentak dilaksanakan pembukaan TMMD Sengkuyung di seluruh Kabupaten/Kota lainnya di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Jogjakarta.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa program TMMD Reguler dan Sengkuyung akan berlangsung selama 30 hari terhitung mulai tanggal 20 September hingga 19 Oktober 2023.

“Melalui berbagai program pembangunan yang telah dirancang, diharapkan mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat. Selain itu juga diharapkan melalui kegiatan lintas sektoral ini mampu membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme dan memperkokoh jiwa kebersamaan dalam wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat,” pungkas Kapendam. (MBPN-Sunarno/Pendam IV/Diponegoro)