• Kam. Jul 25th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Wabup Lahat Hadiri Kegiatan Pesta adatuji Benih dalam Tiga Desa

ByMBP-NEWS

Sep 20, 2023

LAHAT | hayangkaraperdananews.com – Bertempat di Desa Kebun Jati Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat diadakannya kegiatan Pesta Adat Muji Benih tiga desa, Desa Kebun Jati, Desa Bintuhan dan Desa Tanjung Raman, Rabu (20/9/2023).

Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, SE, MM, Kepala Dinas Hortikultura dan Peternakan, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perwakilan Dinas Perumahan Rakyat Pemukiman dan Pertahanan Kabupaten Lahat, Perwakilan Danramil Kota Agung, Perwakilan Kapolsek Kota Agung, Camat Kota Agung, Camat Mulak Ulu, Camat Pagar Gunung, Camat Suka Merindu, Perwakilan Pimpinan Bank Sumsel Babel, Kepala Desa Kebun Jati, Kepala Desa Bintuhan, Kepala Desa Tanjung Raman, serta seluruh perangkat dalam tiga desa, dan undangan lainnya.

Sambutan mewakili tiga desa yang diwakili Kepala Desa Tanjung Raman, Bastari mengatakan, dirinya menyampaikan Muji Benih ini merupakan acara pesta adat yang dilaksanakan 10 tahun satu kali, acara ini memang sudah dititipkan oleh para pendahulu agar terus dilakukan dalam 10 tahun satu kali.

“Tahun 2023 ini telah sampai waktunya untuk kmai melaksanakan acara adat ini, Alhamdulillah juga dapat dihadiri oleh Wakil Bupati Lahat beserta rombongan. Kami tiga desa ini termasuk dalam suku sumbai besar kebun jati, kami saat ini walaupun generasi muda masih dapat menjalankan amanah yang telah dititipkan kepada kami untuk melanjutkan amanah yaitu acara ini yang dilakukan 10 tahun satu kali oleh tiga desa. Kemudian pada kesempatan ini juga kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Bupati Lahat dan Wakil dimana alhamdulillah jalan kami sudah mulus sudah diperbaiki, Alhamdulillah juga sudah melakukan bantuan bedah rumah yang nantinya akan dilaksanakan peresmiannya dengan pengguntingan Vita”, ujarnya.

Wakil Bupati Lahat H. Haryanto dalam sambutannya ia menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Lahat H. Cik Ujang, karena beliau tidak dapat Hadir pada kegiatan ini dikarenakan ada kegiatan yang bersamaan, namun tidak lupa beliau menyampaikan salam kepada semua yang telah hadir disini terutama masyarakat dalam tiga desa ini.

“Pertama dengan dilakukan acara Muji Benih ini mudah-mudahan benih yang dimuji akan selalu melimpah ruah, dan hasilnya akan bermanfaat bagi masyarakat, dan nanti akan ada peresmian bedah rumah yang tak layak huni menjadi rumah yang layak huni. Pada tahun 2024 akan direalisasikan 700 rumah, selain itu pada tahun 2024 nanti melalui dinas pertanian, perkebunan, perikanan banyak bantuan bibit-bibit, pupuk, dan lainnya”, ungkapnya. ( MBPN-ZAINAL )