• Rab. Nov 29th, 2023

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Warga Desa Kalikondang Demak Protes Yang Kesekian Kalinya

ByMBP-NEWS

Okt 17, 2023

DEMAK | bhayangkaraperdananews.com – Warga Desa Kalikondang Demak Melakukan Protes Kepada Pengusaha CV. Hajar Aswad Pengolaan dan Pemotongan Ayam Yang bertempat di Desa Kalikondang Demak. (16/10/23).

Sudah Kesekian Kalinya Warga Desa Kalikondang Melakukan Protes dan Mencari Keadilan, Berbagai Cara Sudah Dilakukan dan sampai Saat Ini Juga Masih Belum Ada Titik Temu Pemecahan Tentang Permasalahan Limbah Dari Pengelolaan Dan Pemotongan Ayam Yang Ada di Desanya.

Menurut Salah Seorang Warga NR Mengatakan “Limbah Ini Sangat Merugikan Bagi Masyarakat Kalikondang Tentunya, Selain Baunya Mengganggu Air Sisa Limbah Sangat Mencemari Irigasi untuk Pertanian, Kami sangat merugi Karena hasil Panen Kami jauh dari yang kami Perkirakan”ujarnya

Hasil Panen Selama Dua Tahun Merugi dan Tidak Bisa Dipanen,Menurut Informasi Dari warga setempat Satu Bahu Hanya Dapat Tiga Karung Sak Saja.

Warga Merasa Geram dan Emosi Karena Tuntutan Mereka Tidak Pernah Ditanggapi Oleh Pemerintah Kabupaten Demak, dan Mereka melakukan Protes Lagi Ditempat Lokasi Pengolahan Ayam Potong, dengan Didampingi Oleh Lembaga Perlindungan Konsumen Dan media Kabupaten Demak.,Dan dari Dinas Lingkungan Hidup Dan Juga Ikut Kepaladesa Kalikondang Beserta Perangkat Desanya Untuk Melakukan Mediasi Ulang.

Menurut Ketua LPK Bharata SD Dia Juga Menyapaikan Bahwa Aksi Protes Ini Adalah Aksi Lanjutan,Saya selaku Ketua LPK Bharata Menyayangkan Kenapa Dinas Terkait Sampai Saat Ini Belum Ada Tindakan Hukum Terhadap Pabrik Pengolahan dan Pemotongan Ayam Tersebut, dan Jelas jelas Limbahnya Sangat Merugikan Masyarakat Desa Kalikondang Kelompok Tani Pada Umumnya, dan Kami Akan Memperjuangkan Hak Warga Kalikondang Untuk Mengembalikan Irigasi Seperti Dulu Bersih dan Sehat Kami disini Hanya sekedar melakukan pendampingan saja bersama Media dan Lembaga”, tuturnya

Air Yang Sudah Terkontaminasi Dengan Limbah Kotoran sudah Pernah Dilakukan uji Lab Oleh Warga Dan itu Dinyatakan Oleh Dinas Terkait Sudah Tercemar Dan Hasilnya Pun Sudah Diberikan Kepada Warga,Tapi Kenapa Sampai Saat Ini Belum Ada Tindakan Hukum Dari dinas terkait.

Setelah Lama menunggu Hasil Mediasi Dari LH Kabupaten Demak dan dari lembaga dan Juga Diwakili Dari Beberapa Orang Masyrakat Awak Media Dengan CV.Hajar Aswad kami langsung Meminta Jawaban dari Perwakilan yang ikut dalam Mediasi.

Setelah Kami Klarifikasi dan Wancara Kepada Perwakilan Dari Dinas LH demak AR Mengatakan “Saya belum bisa Memberikan Jawaban Yang Pasti Karenan Belum Ada Kesepakatan dari pemilik perusahaan dengan warga setempat, tuturnya

AR hanya memberikan Jawaban Sebatas Keterangan saja, dan belum bisa Memberikan Jawaban kepastian Hukum Kepada Awak Media.

Warga Mersa Kecewa Dengan Hasil Mediasi Hari Ini,Mereka Merasa Dipermainkan,dan Disisi Lain KepalaDesa Kalikondang AS Mengatakan Saya Akan Siap Memperjuangkan Hak Warga Saya Dan Sampai Masalah Ini Selesai Dan Saluran Irigasi Warga Saya Kembali Seperti Semula,Dan Kami Akan Tetep Berjuang Untuk Membersihkan Limbah Yang Mencemari Desa Kami.

Selama Permasalahan Ini Selesai Warga Akan Tetap Menuntut Dan Melakukan Tidakan Hukum Kepada Pemilik Usaha Pengolaan Dan Pemotongan Ayam Karena Limbahnya Sudah Sangat Mencemari Irigasi Dan Baunya Juga Mengganggu Dan Merugikan Masyarakat.

Mbp news Demak DS