• Sen. Feb 6th, 2023

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Forkopimda Jatim Gelar FGD Membahas Dinamika Pertambangan di Jawa Timur

ByMBP-NEWS

Jan 24, 2023

SURABAYA,
bhayangkaraperdananews.com – Fokopimda Jawa Timur gelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Dinamika Pertambangan di Jawa Timur membahas Legalitas masalah  sosial ekonomi dan penegakan hukum, yang berlangsung di Surabaya, Selasa (24/1/2023).

Hadir pada kegiatan itu antara lain Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Toni Harmanto, MH, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid dan Pejabat Utama Polda Jatim, seperti Kabid Humas Kombes Pol Dirmanto dan Dirreskrimus Kombes Pol Farman.

“Hari ini kita buka kegiatan FGD berkaitan dengan masalah penambangan khususnya untuk galian C. Jadi poin yang kita dapat hari ini, kita berharap ada proses legalitas. Kemudian ada proses dan dampak dari sosial ekonomi yang timbul termasuk aspek penegakan hukum yang juga berkorelasi,” ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Dr.Toni Harmanto, MH.

Selain itu, Jenderal Polisi Bintang Dua itu berharap dari 3 isu, berkait satu topik ini bisa terpecahkan pada kegiatan FGD. “ Dan pada hari ini semoga menjadi satu perencanaan yang lebih baik lagi dalam penanganan masalah galian C sendiri,” lanjutnya.

Kita tahu, kata Kapolda Jatim,  dari proses masalah legalitas perijinan, dampak masalah sosial ekonomi termasuk pajak kontribusi untuk pembangunan di Jawa Timur dan aspek penegakan hukum.

“Tadi sudah disampaikan pemateri termasuk dari kami kepolisian masalah penegakan hokum. Jadi ada konsistensi kita dalam masalah proses penegakan hukum. Walaupun tadi ada pertanyaan juga mempertanyakaan ini. Hal ini biasa biasnya yang kami dapatkan dalam hal seperti ini,” tutupnya. (MBPN-IRWIN)