• Sab. Apr 20th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Jaga Tradisi Kearifan Lokal Papua, Satgas Yonif 405/SK Laksanakan Acara Bakar Batu

ByMBP-NEWS

Des 3, 2022

MIMIKA, bhayangkaraperdananews.com -Dalam rangka menyambut Hari Raya Natal, prajurit Pos Aroanop Satgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW bersama masyarakat melaksanakan acara bakar batu di lapangan Omponi, Distrik Tembagapura, Kab. Mimika. Kamis (1/12/22).

Danpos Aroanop Satgas Yonif 405/SK Letda Inf Tukiran dalam rilisnya mengatakan, kegiatan bakar batu dimulai dengan memasak daging dan sayuran hasil bumi yang dibakar di atas batu, dilanjutkan ibadah dan makan bersama. Hadir pada acara tersebut Kepala Kampung Aroanop Deteminus Beanal, para tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat, prajurit Satgas Yonif 405/SK serta masyarakat dari kampung Aroanop, Anggigi dan Omponi.

“Acara bakar batu digelar di lapangan Ombani, sekitar 75 meter di depan Pos Satgas Yonif 405/SK. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh masyarakat setiap tahunnya untuk menyambut perayaan Natal yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Desember nanti”.

Danpos menambahkan, “dengan memegang teguh tradisi serta menjaga kearifan lokal, kita eratkan persaudaraan dan tingkatkan kebersamaan. Sehingga diharapkan semua kegiatan bisa berjalan lancar, aman, tanpa ada kendala dan gangguan apapun.

Sementara itu Bpk. Moses selaku tokoh masyarakat mengungkapkan, tradisi bakar batu tersebut sebagai rasa syukur, rasa kebersamaan dan kekeluargaan mengawali bulan Desember yang dimaknai sebagai bulan kasih.

“Acara bakar batu dan perayaan Natal setiap tahun memiliki arti yang banyak, antara lain perasaan suka cita, kedamaian dan pengharapan keselamatan,” ujarnya. (MBPN-Sunarno)