• Ming. Feb 5th, 2023

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Apel Siaga Lapas/ Rutan

ByMBP-NEWS

Des 23, 2022

SIDOARJO, bhayangkaraperdananews.com – Jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar apel siaga menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Teguh Wibowo meminta jajarannya mewaspadai aspek keamanan, ketertiban dan bencana alam.

Apel Siaga Nataru itu dipusatkan di Rutan Kelas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo. Sebagai pembina apel, Teguh didampingi Karutan Surabaya Wahyu Hendrajati. Hadir pula Kepala Bapas Kelas I Surabaya Arif Rahman, Kepala Rupbasan Kelas I Surabaya Endang Purwati, Pejabat Struktural Rutan Surabaya, Bapas Surabaya, Rupbasan Surabaya, serta seluruh petugas rutan.

Dalam sambutannya, pria asal Betawi itu  menyampaikan bahwa dalam rangka menyambut hari raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, jajaran pemasyarakatan perlu meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi terhadap adanya gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas/ LPKA/Rutan.

“Kami akan mengoptimalkan fungsi dan peran intelijen pemasyarakatan di masing-masing UPT dalam melakukan deteksi dini terhadap adanya ancaman maupun gangguan kemanan dan ketertiban yang mungkin terjadi,” urainya.

Kadivpas juga mewajibkan seluruh kepala lapas/ rutan di Jatim untuk berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, TNI, Pemadam Kebakaran, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Hal ini sebagai langkah mitigasi bencana maupun bantuan pengamanan selama pelaksanaan Natal Tahun 2022 dan perayaan Tahun Baru 2023.

“Tingkatkan pelayanan Pemasyarakatan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan terutama untuk menjamin dalam menjalankan ibadah Hari Raya Natal, Remisi maupun Tahun baru dengan Khidmad, lancar, aman dan kondusif,” tegasnya.

Tidak itu saja, Teguh juga menjelaskan bahwa dalam upaya peningkatan kewaspadaan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di jajarannya, telah dibentuk Satuan Tugas Nataru yang berkolaborasi dengan seluruh divisi pada Kanwil Kemenkumham Jatim.

“Satgas Nataru akan melakukan monitoring pelaksanaan tugas dan fungsi maupun layanan yang diberikan selama Natal dan Tahun Baru yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Desember 2022 sampai dengan 31 Desember 2022,” jelasnya. (MBPN-IRWIN)