• Ming. Feb 5th, 2023

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Kesbangpol Kota keluarkan SPKO Sekber Wartawan Indonesia DPD Kota Surabaya

ByMBP-NEWS

Jan 6, 2023

SURABAYA,
bhayangkaraperdananews.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Surabaya, Jumat (06/01/2022) Pukul 10.00 WIB, Memberikan Surat Pencatatan Keberadaan Organisasi (SPKO) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) DPD Kota Surabaya. Melalui Staff, Nadiya Menyerahkan berkas Original ini yang langsung diberikan di kantor Kota Kesbangpol Jl.Jaksa Agung Suprapto No.2 Kel. Ketabang, Kec. Genteng Kota, Surabaya, Jawa Timur.

Sekber Wartawan Indonesia Kota Surabaya merupakan Berbagai Gabungan dari media Online dan Cetak, Pimpinan Redaksi (Pimred) yang bergabung dari berbagai Media dan keterwakilan anggota Wartawan yang bergerak dibidang Profesi Jurnalis, sosial kemasyarakatan yang kepengurusannya beranggota 17 orang,” ujar pria yang akrab disapa Bang Holil.

Dipaparkannya, berdasarkan Peraturan Pemerintah RI nomor 54 tahun 2016 tentang pelaksanaan UU No 16 tahun 2017 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU No 17 tentang organisasi Kemasyarakatan (Ormas) menjadi UU.

“Berdasarkan pasal 5 ayat (1) bahwa Ormas berbadan hukum dinyatakan terdaftar, setelah mendapatkan pengesahan badan hukum dari menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintah dibidang hukum dan hak asasi manusia (HAM),” beber Ketua Swi.

Sementara di pasal 9 lanjutnya, Ormas yang mendapatkan pengesahan badan hukum (di pasal 5 ayat 1). Pengurus Ormas melaporkan keberadaan kepengurusan di daerah kepada Pemerintah Daerah setempat dengan melampirkan surat keputusan pengesahan status badan hukum dan susunan kepengurusan.

Bang Holil juga menjelaskan, memperhatikan SK Kemenkumhamnya Sekber Wartawan Indoneisa DPD Kota Surabaya telah melaporkan di kantor Kesbangpol pada hari Senin (02/01/2023)

Pembina Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Kota Surabaya berpesan, Kepada Pengurus dan Anggota Sekber agar dapat bersama sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, bersama Pemerintah dan Instansi terkait secara Vertikal.

“Sebagai menjadi pelopor pencegah bahaya narkoba, mensukseskan himbauan pemerintah dan Instansi Pemerintahan yang lain, dalam membantu advokasi kemasyarakat. ujar Pembina.

Beliau juga mengajak seluruh Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kota Surabaya untuk mencermati situasi Informasi yang belum tentu benar atau Hoax ditengah masyarakat yang berkembang selama ini. ” Mari bersama-sama memerangi informasi Hoax, yang dampaknya dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia,” tutup Pembina. (MBPN-IRWIN)