• Sab. Okt 1st, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Pangdam Iskandar Muda Hadiri Peringatan 17 Tahun Hari Damai Aceh

ByMBP-NEWS

Agu 16, 2022

Banda Aceh, bhayangkaraperdananews.com – Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Mohamad Hasan menghadiri Peringatan 17 Tahun Hari Damai Aceh di Taman Ratu Safiatuddin, Senin (15/8/2022)

Dalam peringatan yang ke-17 tahun Hari Damai Aceh ini mengusung tema “Optimalisasi Butir-Butir MoU Helsinki Demi Percepatan Pembangunan Aceh”.

Pada kesempatan tersebut Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN), Raja Juli Antoni menyerahkan sertifikat tanah kepada mantan kombatan GAM, Tapol/Napol hingga korban konflik Aceh. Penyerahan sertifikat tersebut dalam rangka peringatan 17 tahun Damai Aceh.

“Hari ini di wilayah Aceh, kami kembali menyerahkan sertifikat atas lahan seluas 2.800 hektare,” kata Raja Juli Antoni

Raja mengatakan, lahan yang diserahkan dari tiga Kabupaten, yakni Aceh Barat sebanyak tiga sertifikat dengan luas lahan 1.652,2 hektare, Kabupaten Aceh Besar satu sertifikat dengan luas lahan 630,6 hektare dan Kabupaten Nagan Raya dua sertifikat dengan luas lahan 558 hektare.

“Salah satu butir dalam kesepahaman damai Aceh atau MoU Helsinki tersebut memang tercantum hak untuk mendapatkan lahan bagi mantan kombatan GAM Tapol/Napol dan korban konflik Aceh,” kata Wamen ATR.

Pihaknya terus berdiskusi dengan berbagai pihak dan simpul organisasi masyarakat terkait implementasi hak atas lahan ini secara baik dan bermartabat.

Turut hadir dalam kegiatan diantaranya Pj. Gubernur Aceh, Wali Nanggroe Aceh, Ketua DPRA, Kapolda Aceh, Kajati Aceh dan Muzakir Manaf. (MBPN-Ira)