• Sen. Jun 24th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Pangdam IV/Diponegoro Bersama Kapolda Jateng dan Sekda Jateng Tanam Bibit Mangrove Di Pesisir Pantai Tirang

ByMBP-NEWS

Mei 15, 2023

JATENG | bhayangkaraperdananews.com – Semarang, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono bersama Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., SH., dan Sekretariat Daerah (Sekda) Jateng Sumarno, S.E., M.M., kompak tanam bibit Mangrove di pesisir Pantai Tirang Kel. Tugurejo Kec. Tugu, dalam rangka penanaman Mangrove Nasional yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, secara terpusat dari Taman Wisata Alam di Angke Kapuk, Jakarta Utara. Senin (15/5/2023).

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh satuan jajaran TNI secara virtual yang melaksanakan penanaman di 370 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan jumlah 1.100.169 bibit. Kegiatan tersebut bertujuan untuk pencegahan abrasi pantai sekaligus mendukung program Pemerintah untuk Indonesia nol emisi karbon di tahun 2060.

Pada sambutannya Presiden RI mengatakan pentingnya penanaman Mangrove dan rehabilitasi hutan Mangrove untuk kepentingan ekosistem.

“Proses menanam hutan mangrove tak hanya di sini saja, tapi di semua tempat harus terus dilakukan. Ini untuk melindungi pesisir kita,” Ujar Presiden.

Ditempat terpisah Pangdam menyebutkan selain di Jateng, penanaman Mangrove juga dilaksanakan di wilayah DIY, sebab masih merupakan binaan Kodam IV/Diponegoro.

Penanaman mangrove tersebut merupakan salah satu langkah untuk menjaga dan menghidupkan kembali ekosistem laut. Selain itu juga sebagai mitigasi terhadap bencana alam dan kemungkinan bencana yang terjadi ke depannya.

“Mudah mudahan Mangrove ini bisa sehat dan subur semuanya, agar dikemudian hari dapat tumbuh seperti Mangrove pada umumnya”

Sebagai salah satu negara dengan hutan Mangrove terbesar, melalui kegiatan penanaman tersebut Pangdam menghimbau kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk saling menjaga ekosistem hutan Mangrove di seluruh Indonesia, khususnya di Jateng dan DIY.

“Mari kita jaga lingkungan kita sehingga semuanya aman, terutama pantai kita agar tidak tergerus oleh air laut”, Ucap Pangdam.

Sebelum acara penanaman Mangrove terpusat, Kodam IV/Diponegoro telah dahulu melakukan penanaman bibit Mangrove sebanyak 35.175 bibit dan kali ini ditambah sebanyak 24.550 dengan total keseluruhan 59.725 bibit Mangrove.

Pada pelaksanaannya kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua PPM pusat Berto Izaak Doko, Walikota Semarang Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos., Forkopimda Jateng dan seluruh PJU Kodam IV/Diponegoro maupun PJU Polda Jateng. (MBPN-Sunarno/Pendam IV/Diponegoro)