• Kam. Mei 19th, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

PERHUTANI KPH Semarang Berhasil Gagalkan pencurian Kayu Sengon

Byadmin

Mar 4, 2022

JATENG, bhayangkaraperdananews.com – Jajaran petugas Perum Perhutani KPH Semarang, tepatnya di RPH Susukan BKPH Penggaron bisa menangkap pencuri kayu rimba sengon di Hutan Penggaron (28/2).

Keberhasilan itu bermula pada Senin (28/2), KRPH Susukan, Mupriyono menerima informasi dari warga bahwa di wilayahnya ada penebangan kayu sengon di petak 1006. Saat itu juga Mupriyono lapor ke pimpinan melalui HP seluler. Tidak menunggu lama bantuan keamanan datang yang terdiri dari Waka Semarang Barat, Julie Irahadi Sapta Putra beserta polmob (Khoirul Anwar, Iwan Setiawan, Sugeng Riyadi dan Susilo) bersama-sama menuju ke lokasi kejadian. Sekitar jam 09.30 WIB sampai di petak 1006, melihat sekelompok orang yang sedang memotong/menebang pohon sengon dan langsung mengadakan penyergapan serta mengamankan terduga tersangka beserta beberapa barang bukti.

Dari penelusuran ditemukan 96 pohon sengon dengan lilit rata-rata 130 cm raib tinggal tunggak dan 85 batang masih di TKP.
Pelaku berjumlah 4 orang yaitu; WD, warga Susukan petung kec.Ungaran timur, MN, Hs, dan Kom. Ketiganya warga Ds.Tlogo Pucang Temanggung, adapun barang bukti yang diamankan berupa; 181 btg kayu sengon, 1 buah Senso, 2 sabit, 1 tambang panjang 7 m.

Dari hasil keterangan tersangka Wd bahwa 96 batang kayu sengon sudah dilangsir dekat kampung dan siap diangkut. Rencananya kayu-kayu tersebut akan dijual oleh Wd ke Depo wilayah Temanggung.

Dipimpin Julie Irahadi Sapta Putra para tersangka dibawa ke Polres Ungaran untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Sampai saat ini para tersangka masih dalam penyidikan Polres Semarang. (MBPN-Muhtarom)