• Sel. Nov 30th, 2021

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Peringati HUT Kodam IV/Diponegoro, Pangdam IV/Diponegoro Ziarah Ke Makam Pangeran Diponegoro

Byadmin

Okt 28, 2021

JATENG, bhayangkaraperdananews.com – Makssar, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto melakukan ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro di Makassar, Sulawesi Selatan. Kamis (28/10/2021).

Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati perayaan HUT Kodam IV/Diponegoro ke-71 yang jatuh pada tanggal (05/10) lalu serta untuk mengenang jasa-jasa perjuangannya dalam melawan penjajah Belanda dan mendoakan Pangeran Diponegoro ditempatkan di sisi Tuhan YME.

Mengulas kembali nama asli Pangeran Diponegoro adalah Raden Mas Ontowiryo yang memiliki gelar “Sultan Abdul Hamid Herucokro Amirulmukminin Sayidin Panatagama Khalifatullah Tanah Jawi”. Pada saat penjajahan Belanda, Pangeran Diponegoro merupakan salah satu Pahlawan dari Pulau Jawa yang sangat sulit dikalahkan karena menggunakan taktik gerilya saat berperang.

Pangeran Diponegoro dijebak oleh Belanda pada 28 Maret 1830 saat menjalani perundingan di Magelang, kemudian diasingkan ke Manado dan ditempatkan di Benteng Amsterdam. Namun, empat tahun kemudian Pangeran Diponegoro dipindahkan ke Benteng Rotterdam di Makassar hingga wafat dan dimakamkan di Kampung Melayu, Makassar.

Berkaitan dengan terlaksananya kegiatan ziarah dan tabur bunga tersebut yang berjalan lancar, Pangdam IV/Diponegoro mengucapkan banyak terimakasih kepada Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno beserta jajaran yang telah memfasilitasi, merenovasi serta merawat makam Pangeran Diponegoro.

“Semoga segala amal ibadah Pangeran Diponegoro diterima disisi Allah SWT serta diampuni segala dosanya”

Sesuai dengan namanya, melalui kegiatan tersebut diharapkan prajurit Kodam IV/Diponegoro dapat meneladani prinsip maupun perilaku Pangeran Diponegoro dalam berbangsa dan bernegara serta menjaga keutuhan NKRI. (MBPN-Sunarno/Pendam IV/Diponegoro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *