• Rab. Feb 1st, 2023

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Perum Perhutani KPH Semarang Giat Penanaman dan Serahkan Pinjaman Lunak Program (PUMK)

ByMBP-NEWS

Des 24, 2022

SEMARANG, bhayangkraperdananews.com – Dipenghujung tahun 2022 perum perhutani KPH Semarang padat kegiatan pada tgl, (18/12/2022) | Bertempat di Penggaron tepatnya di lahan dengan tujuan istimewa (LDTI) petak 1014c RPH Susukan BKPH Penggaron, Saka Wanabakti Kwartir Cabang Kota Semarang dibawah naungan Perhutani Kesatuan Pemangkuan (KPH) Semarang mengadakan kegiatan dalam rangka HUT Saka Wanabakti Ke-39 Tahun 2022.

Acara tersebut diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari 20 peserta dari Penegak dan Pandega se-kota Semarang, 22 orang dari panitia dan 18 tamu undangan. HUT Saka Wanabakti tahun ini mengambil tema “Mempererat Tali Silaturahmi Antar Anggota Melalui Kegiatan Penanaman dan Camping Fun Saka Wanabakti” dengan motto “Salam Lestari, Rimba Jaya”

Dalam sambutannya Administratur/KKPH Semarang Edi Suroso melalui KSS HKTA dan Kompers KPH Semarang Subekhan, SH mengatakan, “Pramuka harus mampu menjadi motor penggerak agar masyarakat semakin peduli untuk merawat, memelihara dan menanamkan kepedulian bahwa kita semua harus lebih peduli terhadap alam, karena kerusakan alam akan berimbas kepada manusia itu sendiri, dan sebagai bangsa yg berbudaya tinggi sudah sewajarnya kita melestarikan budaya tersebut dengan cara merawat dan mnghargai nilai-nilai yg berkembang di masyarakat, budaya-budaya yang bernilai tinggi, luhur dan eksotik itulah yg menjadi jatidiri bangsa ini dan itulah peradaban kita yang adiluhung dan mulia sehingga banyak bangsa-bangsa di dunia ini terpesona dan kagum dengan indonesia”.

Di tempat terpisah Administratur KPH Semarang, Edi Suroso selaku Dewan Pembina Saka Wanakbakti Kota Semarang mengatakan bahwa,” Kegiatan Pramuka ini bertujuan untuk menggali potensi generasi muda serta peran Saka Wanabakti sebagai kader dalam upaya pelestarian alam dan lingkungan hidup guna mendukung keberlanjutan fungsi dan manfaat sumberdaya hutan dimasa yang akan datang dan tercapainya hutan lestari masyarakat sejahtera”.

Sementara itu Idris Asdekti Ketua Dewan Saka Wanabakti Kota Semarang,”Sangat senang dengan terselenggarakannya kegiatan ini, karena Perhutani senantiasa selalu mensuport sehinggga acara ini dapat berjalan dengan sukses”

“Semoga kedepan Saka Wanabakti bertambah maju, aktif dalam berkegiatan serta meningkatkan bakti untuk masyarakat dan bangsa,“

(19/12/2022)  Bertempat di ruang Rapat Kantor  Perhutani KPH Semarang  Administratur  KPH Semarang Edi Suroso  didampingi Manajemen KPH Semarang menyerahkan Pinjaman Dana Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) kepada 3 mitra binaan Perum Perhutani KPH Semarang sebesar 50 juta rupiah, Rabu (20/09).

Mitra binaan menerima bantuan berkisar  15 juta rupiah sampai 20 juta rupiah untuk berbagai macam usaha antara lain Christin May Hartini (sektor Perdagangan dengan jenis usaha Warung Makan dan Chatering) sebesar 15 juta, Zaki Mawardi (sektor peternakan dengan jenis usaha ternak kambing ) sebesar 20 juta, Rusiyono (sektor peternakan dengan jenis usaha ternak kambing) sebesar 15 juta.

“Pinjaman lunak dari Perhutani melalui Program PUMK ini diharapkan bisa dimanfaatkan secara benar untuk mengembangkan usaha secara mandiri dan tangguh sehingga akan tercipta kesempatan kerja dan penghasilan bagi mitra binaan”, jelas  Edi Suroso saat memberikan pengarahan.

Christin May Hartini salah satu penerima bantuan mengucapkan terimakasih atas kepercayaan dan kepedulian Perhutani KPH semarang memberikan pinjaman ini.

“Saya akan kembangkan usaha warung makan dan chatering supaya lebih variatif dan lebih nyaman buat pelanggan dan calon-calon pelanggan ,” ujarnya. (MBPN-Muhtarom)