• Sen. Feb 6th, 2023

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

PT. Merak Jaya Beton Demak Digeruduk Lembaga Konsumen dan Lembaga Pemerhati LH

ByMBP-NEWS

Jan 9, 2023

DEMAK, Bhayangkaraperdananews.com – Senin, 09/01/2023 Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Perlindungan Konsumen Barisan Rakyat Jelata (LPK-BARATA) JATENG melakukan Aksi Damai Ke PT. Merak Jaya Beton Demak, Jateng.
Aksi Damai dikordinir oleh Sdr, Sunardi Ketua DPD LPK-BARATA JATENG. didampingi oleh Sekretarisnya Sdr. Lasno. Peserta Aksi berangkat dari Kantor DPD LPK-BARATA JATENG yang beralamat di Stasiun Demak menuju Lokasi dengan dikawal oleh Kanit Intel Polres Demak dan Petugas Lantas Polres Demak.

Aksi damai tersebut bersama dengan Koalisi Pemerhati Lingkungan. Dalam penyampaian isi orasinya yang disampaikan penyampai orasi, menuntut untuk cabut ijin sertifikat layak operasional sesuai undang undang cipta kerja No 11 tahun 2020 . Aksi Demo mengharapkan Yang Berwenang Segera dilakukan penindakan hukum sesuai undang undang No. 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, dan agar segera dilakukan sterilisasi lahan berdampak sesuai dengan peraturan Pemerintah No 22 tahun 2021 tentang penyelengaraan perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup.

Dari pantauan mbp news, para aksi damai akan melaporkan ke Gakum Kementerian LHK. Kami akan melakukan gugatan lingkungan hidup jika memang tidak ditanggapi.

Dalam isi orasinya yang disampaikan oleh GIANTO dari LSM Pemerhati Lingkungan, serta hasil mediasi Koalisi LSM bahwa intinya pihak Aksi Damai minta segera ditunjukkan data perijinan PT. Merak Jaya Beton Demak yang selama ini telah beroperasi di Desa Loireng Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Jateng.

Hasil informasi dilapangan bahwa, Kordinator Aksi diberikan data-data yang berkaitan surat perijinan berdirinya PT. Merak Jaya Beton di Demak, dan mendapatkan berita akan dijanjikan tiga hari kedepan untuk memperlihatkan data perijinan Pabrik tersebut, bila mana waktu yang telah di berikan tidak dapat ditepati, maka peserta aksi damai akan lakukan aksi damai lanjutan ke Bupati Demak dengan mambawa massa yang lebih banyak lagi, “imbuhnya”.

PT. Merak Jaya Beton Demak yang diwakili oleh bagian Admin, saat di wawancarai oleh awak media, menjelaskan, ” Adanya aksi dari LSM menanyakan surat perijinan PT Merak Jaya Beton, memang untuk hari ini tanggal 9/1/2023 pihak kami belum bisa perlihatkan data perijinan , dan berjanji untuk berapa hari kedepan, pihak Perusahaan akan memberikan apa yang menjadi tuntutan, saya sebagai perwakilan pihak Perusahaan belum bisa pastikan, kami minta waktu secepatnya,, nanti akan kami sampaikan kepada Pimpinan yang berwenang di Perusahaan ini. “Jelasnya”.(MBP- News- H.R.Alex & Tim).