• Sel. Jan 31st, 2023

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Tambang Galian C Pasir PT. Rajawali Berkah Alam Desa Sidorejo Kemalang Sudah Meresahkan Warga

ByMBP-NEWS

Sep 28, 2022

KLATEN, bhayangkaraperdananews.com – Adanya penambangan Pasir di Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten kini meresahkan warga sekitar, pasalnya telah mengganggu kenyamanan warga dalam beraktifitas sehari-hari, terutama debu debu pasir yang beterbangan di rumah rumah yang mengakibatkan warga terkena penyakit pernapasan serta batuk batuk, warga juga curiga dengan perijinan tambang galian C yang dikelola oleh PT. Rajawali Berkah Alam, sempat warga Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang menyampaikan ke awak Media pada hari Selasa 27/09/2022.

Atas informasi warga tersebut Awak Media melakukan pengecekan langsung di area tambang galian C yang dikelola PT. Rajawali Berkah Alam.

Kemudian awak Media mengklarifikasi kepada penanggung jawab dilapangan sambil menunjukkan surat perijinan mengatakan bahwa untuk dilapangan selalu berganti ganti orang, dan menegaskan bahwa pemilik tambang tersebut bernama Jaka domisili di Ceper Kabupaten klaten,” Jelasnya.

Walaupun penanggung jawab dilapangan menunjukkan perijinan tambang tersebut tapi kalau dilihat pelanggarannya tidak ada tangki penampung BBM Solar dan memperkuat keterangan dari warga tentang asal BBM solar subsidi yang digunakan untuk mengoperasikan 4 (empat) unit excavator / bego dilokasi tambang tersebut, menurut tingkat kedalaman tambang galian C seputar 45 M yang sangat membahayakan terjadinya tanah longsor dan bencana lainnya.

Beberapa warga pernah mengklarifikasi tentang perijinan tambang milik PT. Rajawali Alam Berkah kepada Dinas terkait mengatakan bahwa belum punya ijin operasional maupun dokumen pengolahan lingkungan dari DLHK Provinsi Jawa Tengah,”Tandasnya.

Warga berharap Dinas Terkait dan Aparat Penegak Hukum untuk menindak tegas galian C tambang pasir tersebut, karena dinas terkait yang ada diwilayah kabupaten Klaten tidak merasa diberi tembusan mengenai surat tambang tersebut, hukum tidak mengenal tebang pilih dan ibarat mata pisau jangan tajam dibawah tapi tumpul keatas mari bersama sama menegakkan suatu keadilan sesuai sila ke-5 Pancasila yang diharapkan ,” Pungkasnya . (MBPN-SN)