• Sen. Jun 24th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Wakil Bupati Lahat Hadiri Pelatihan Konvensi Hak Anak bagi tenaga pendidik tingkat SMP

ByMBP-NEWS

Mei 24, 2023

LAHAT | bhayangkaraperdananews.com – Bertempat di Gedung Pertemuan Kabupaten Lahat, diadakannya acara pembukaan pelatihan Konvensi Hak Anak bagi tenaga pendidik tingkat SMP kawasan Kabupaten Lahat tahun 2023, sekaligus Perjanjian kerjasama Pemerintah Kabupaten Lahat tentang perlindungan khusus anak dalam rangka mewujudkan Kabupaten Lahat menjadi Kabupaten Layak Anak, Rabu (24/5/2023).

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, SE, MM, Dandim 0405 Lahat Letkol Infantri Toni Oki Priyono, S.I.P, Perwakilan Polres Lahat, Ketua Pengadilan Negeri Lahat Renaldo Meiji Hasoloan Tobing, SH, MH, Kajari Lahat Gunawan Purnomo, SH, MH, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, perwakilan Bank Sumsel Babel, perwakilan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, segenap jajaran OPD, Forum Anak, dan seluruh peserta pelatihan Konvensi Hak Anak.

Dalam laporan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan undangan Anak Hj. Nurlela menyampaikan, peserta yang hadir adalah Guru atau pendidik dari SMP Kabupaten Lahat berjumlah 50 orang guru.

“Kegiatan ini bertujuan untuk dasar pelaksaan tentang perlindungan anak dengan peraturan daerah Kabupaten layak anak, kegiatan ini diikuti 50 orang guru terdiri dari beberapa sekolah tingkat pertama dalam wilayah kabupaten Lahat. Peningkatan kovetensi sumber daya manusia khusunya guru pada tingkat SLTA Dalam Wilayah Kabupaten Lahat serta mendukung percepatan terwujudnya kabupaten Lahat menjadi kabupaten Layak Anak, pemenuhan kebutuhan dan khak-hak Anak serta terciptanya satuan pendidikan/ sekolah ramah anak,”ungkapnya.

Sambutan Wakil Bupati Lahat H. Haryanto S,E MM.dalam peraturan menteri Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Perempuan Perlindungan Anak Republik Indonesia, nomor 12 tahun 2011 tentang pembentukan kabupaten/kota layak anak dan ini merupakan program nasional Presiden RI pada target tahun 2030. Indonesia Layak Anak (Idola).

“Pada tahun 2022 kabupaten lahat memperoleh predikat KLA peringkat Madya, dan Insyaallah pada tahun 2023 yang sekrang masih dalam proses penilaian kita dapat memperoleh peringkat Nindya. Dikesempatan ini juga akan dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama pemerintah kabupaten Lahat tentang perlindungan anak dalam upaya mendukung terwujudnya kabupaten lahat menjadi kabupaten layak anak.”ucap Haryanto.

Sambung Wabup Lahat kepada Peserta pelatihan KHA, Hadirin terkhusus narasumber kemen PP dan PA RI akan memberikan ilmu serta wawasan bagi masyarakat Kabupaten Lahat.

“Pada Kesempatan ini saya untuk menghimbau mengajak ASN, Aparat penegakan hukum, Dunia usaha dan lembaga masyarakat di Wilayah Kabupaten Lahat dapat menjalankan amanah undang undang perlindungan anak yaitu memenuhi perlindungan anak hak anak.”harapnya. (MBPN-ZAONAL )