• Ming. Nov 27th, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

33 Pelajar Madrasah Aceh Singkil Ikuti Lomba KSM Prov. Aceh

ByMBP-NEWS

Sep 27, 2022

ACEH SINGKIL, bhayangkaraperdananews.com – sebanyak 33 Pelajar Madrasah dari jenjang MI, MTsN dan MA se-kabupaten Aceh Singkil mengikuti lomba Kompetisi Sains Madrasah(KSM) tahun 2022 tingkat Provinsi Aceh di Aula Kemenag Aceh Singkil, Sabtu (10/9/22) yang lalu.

“Pembukaan KSM yang ke 22 ini sudah dilakukan sehari sebelumnya melalui daring yang dibuka langsung oleh Kanwil Kemenag Aceh, diwakili Kasi Pendidikan Madrasah Aceh,” kata Kepala kantor Kemenag, H.Saipuddin,SE, melalui Kasi Pendis Kemenag Aceh Singkil, Kamaluddin,SE.

Dikatakannya, jumlah peserta KSM tahun ini sebanyak 33 orang, yang terdiri dari, siswa Madrasah Aliyah 18 orang, MTsN 9, dan Ibtidaiyah 6 orang.

“Nanti para juaranya menjadi utusan Provinsi Aceh ke Tingkat Nasional dan yang membawa peserta nantinya pihak Provinsi , serta materi dan penjurian lomba semua dari Provinsi melalui Online,” ujar Kamal.

Dijelaskan, untuk sesi pertama pelajarannya adalah Matematika, kemudian Biologi dan Fisika yang terintegrasi ke Bahasa Arab, dengan diuji kemampuan dan kompetensi setiap peserta dengan 90 menit waktu yang ada.

Mata pelajaran sesi kedua, Kimia, Ekonomi, dan Geografi diuji untuk tingkat Aliyah. Esoknya lanjut ke tingkat M.TsN dan Madrasah Ibtidaiyah.

Lebih lanjut kata Kamaluddin, uji kompetensi sains tersebut bertujuan untuk mengukur kualitas anak didik disegala jenjang sekolah dan terbuka untuk semua sekolah umum yang berminat untuk mengikuti.

Cara Pendaftaran pihak sekolah mendaftarkan secara online sesuai dengan kemajuan Teknologi, demikian penjelasanya. (MBPN_A/KAS)