• Sen. Feb 6th, 2023

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Bantuan Kombin Potong Padi Mlawung Karangrejo Bonang Demak Diduga Untuk kepentingan Pribadi

ByMBP-NEWS

Jan 15, 2023

DEMAK, bhayangkaraperdananews.com – Kurang Lebih dua tiga tahun Kelompok Tani Mekar Sari Dukuh Mlawung Desa Karangrejo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak Jateng, mendapat bantuan mesin pemotong padi Kombin dari Dinas Pertanian , seharusnya diperuntukan untuk masyarakat warga tani, bukan untuk kelompok golongan pribadi, 13/01/2023.

Ketua Kelompok Tani Mekar Sari Mansur saat di wawancarai di rumahnya pada selasa 27/12/2022 bantuan mesin potong padi Kombin diduga dikuasai kelompok golongan pribadi .

” Ketua Kelompok Tani Mansur Menjelaskan, memang benar ada bantuan Kombin kurang lebihnya dua sampai tiga tahun, asal mula dapat bantuan Kombin adiknya anggota DPRD kabupaten demak datang bawa profosal Kelompok “Tani Mekar Sari” ,yang bernama ZR minta tanda tangan saya, dan bilang bulan depan mendapatkan bantuan Kombin mesin potong padi.

” Setelah mendapatkan mesin pemotong padi Kombin, dan Kombin tersebut dibuat potong padi warga Desa Karangrejo, Bonang Demak hanya semusim ditarik biaya harga standar, pasti ada masukan dana, selepas itu di sewakan keluar Daerah lain pasti mendapatkan hasil, setelah ada hasil bisa di potong operasonal perawatan Kombin, dan sisanya masuk kas, dengan sisa dana itu saya akan dirikan Koperasi Tani, tapi kenyataannya Program itu gagal sampai sekarang.

” Harusnya selepas potong padi warga Desa Karangrejo sampai ke luar Daerah lain pertahun ada laporan, tetapi sampai tahun 2022 ini, tidak ada laporan sama sekali, ZR adek anggota DPRD kabupayen demak diminta laporan pertanggung jawaban selalu banyak alasan.

“Bantuan mesin potong padi Kombin kayaknya dikuasai sekelompok keluarga ZR dan pak ciliknya salahsatu anggota DPRD kabupaten demak dengan inisial WH, dan rencana saya awal tahun 2023 Kombin akan dikelola anggota Kelompok Tani Mekar Sari juga ZR saya minta laporan selama selama tiga dua tahun kurang lebihnya , biar ada ke jelasan laporan pertangung jawabannya “Jelasnya

ZR diminta waktu oleh awak media untuk wawancara lewat telpone pada 11/01/2023 belum ada jawaban.

Awak media minta tanggapan Pembina LBH Ansor FR adanya bantuan Kombin Kelompok Tani Mekar Sari Desa Karangrejo Bonang Demak yang diduga di kuasai kelompok keluarga anggota dewan DPRD kabupaten demak.

FR mengatakan, Ya itu kurang pas , harusnya Kombin itu di kelola secara transparan oleh Kelompok Tani , bukan di kuasai oleh keluarga , karena bantuan itu bukan untuk keluarga melainkan untuk Kelompok Tani, jadi Kelompok Tani bisa minta laporan penggungjawaban Kombin tersebut .

Harapan masyarakat dengan adanya kejadian tersebut untuk pihak pihak terkait dan juga APH bisa segera ditindak lanjuti. (Mbp news – Demak)