• Sen. Feb 6th, 2023

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Bendara Merah Putih Robek Masih Berkibar Tinggi didepan SDN Medani

ByMBP-NEWS

Jan 4, 2023

GROBOGAN, bhayangkaraperdananews.com – Bendera Bangsa Negara Indonesia adalah Merah Putih yang selalu di Hormati setiap upacara baik di Sekolah maupun di Instansi Swasta maupun Pemerintahan, Bendera bisa dikatakan suci karena dihormati yang seharusnya dijaga dan dirawat jangan sampai disepelekan, tanpa disengaja sekira jam 09.30 wib, anggota MBP News melihat lansung bendera merah putih berkibar di depan SDN 1 MEDANI bila diamati gak ada yang salah tapi bila dicermati dengan seksama dan didekati ternyata bendera yang dikibarkan udah sobek sobek, spontan awak Media MBP-News mewancarai salah satu pengajar di SDN 1 MEDANI Kecamatan Tegowanu kabupaten Grobogan.(Rabu 4 Januari 2023).

Muslihin seorang pengajar yang sudah pensiun dan masih diperbantukan lagi karena sangat kurang tenaga pengajar laki laki di SDN 1 MEDANI menuturkan kepada MBP-News.

SDN MEDANI dengan jumlah siswa 194 yang dipimpin Siti Nurkonah ketika diklarifikasi tidak berada di sekolahan, hanya tenaga honorer Muslihin yang menemui awak media dan membenarkan bahwa setiap pagi bendera yang sobek itu dikibarkan dan sore diturunkan oleh guru atau penjaga sekolah, padahal itu melanggar undang undang,
Menurut pakar hukum Universitas Borobudur (Unbor) Jakarta prof Dr Faisal Santiago mengatakan bahwa pasal penodaan terhadap bendera negara, khususnya mengibarkan bendera merah putih yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam adalah melanggar (RUU KUHP) pasal 235 b.

Berdasarkan undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 2009, berikut pelanggaran terhadap bender merah putih dan hukuman pidananya:

  1. Merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara, pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp500 juta.
  2. Memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan pidana penjara paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp100 juta.
  3. Mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam pidana penjara paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp100 juta.

(MBPN-Muhtarom)