• Sel. Nov 30th, 2021

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Camat Singkil Limpahkan Kecurangan Hasil Pilkades Kampong Ujung ke Bupati

Byadmin

Nov 25, 2021

Aceh Singkil, bhayangkaraperdananews.com – Camat Singkil, Sofyan SH, melimpahkan dugaan sengketa hasil Pilkades kampong Ujung, kec.Singkil, kab.Aceh Singkil, ke pihak Kabupaten.

Sengketa itu tidak dapat diselesaikan di tingkat P2K desa dan Kecamatan, sehingga sesuai mekanisme dan aturan harus dibawa ke ranah Kabupaten. Hal itu dilakukan, karena tidak ada kesepakatan antara kandidat nomor urut 1 dan 2.

“Insya Allah, besok langsung kita serahkan, berita acaranya (BA) Ke Bupati, langsung ke Bupati,”kata Camat Singkil, Sofyan SH menegaskan, Kamis (25/11/2021) di Kantor nya.

Dijelaskan, bahwa kandidat no urut 2 sebagai penyanggah meminta kotak suara di TPS 2 untuk dibuka kembali. Sementara kandidat no urut 1 yang tersanggah menolak hal itu.

Sehingga Dia (Camat) mengambil sikap sesuai aturan Perbub yang mengatur tentang kedudukan mereka dalam pemilihan keuchik langsung (Pilchiksung) persoalan sengketa hasil Pilkades kampung ujung di serahkan ke Kabupaten.

Sedangkan kandidat no urut 2, Ahmad Syurkani selaku penyanggah menyesalkan sikap kandidat no urut 1 yang menolak kotak suara untuk dibuka kembali.

” Hasil Nihil karena kandidat no urut 1 tidak percaya dengan namanya muspika di kecamatan. Karena dia tidak mengizinkan membuka kotak suara yang ada di TPS 2. Ada apa sebenarnya kotak suara di TPS 2,” Kata Ahmad saat ditanyai sejumlah awak media.

Sementara Ketua Panitia pemilihan keuchik (P2K) Desa Ujung, Adi Dharma sudah menyetujui kotak suara untuk dibuka dan dilakukan penghitungan ulang kembali atas sanggahan kandidat no urut 2.

Namun, karena Camat/ Meukim yang di tunjuk selaku ‘ Pengawasan’ dengan pertimbangan sebelumnya (penolakan kandidat no urut 1) yang akhirnya memutuskan sengketa tersebut untuk dialihkan ke Kabupaten.

Untuk diketahui, acara tersebut menanggapi perihal sanggahan terhadap proses dan hasil Pilkades kampong ujung, Kecamatan Singkil di gelar di Kantor Camat.

Dalam pertemuan itu turut hadir, Camat Singkil, Meukim, Kapolsek Singkil, Danramil, Kandidat 1 dan 2 beserta ratusan warga Desa Ujung. (MBPN_A2/HT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *