• Sab. Okt 1st, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Disdikbud Aceh Singkil Bentuk Tim Penulis Buku Budaya

ByMBP-NEWS

Jun 25, 2022

Aceh Singkil, bhayangkaraperdananews.com – sebuah Tim Penulis buku sepakat untuk menggali dan menulis buku budaya di Aceh Singkil, Tim itu terdiri dari sejumlah Penggiat, pengamat, dan praktisi budaya dibawah koordinasi Dinas Penddidikan dan Kebudayaan(Disdikbud) Aceh Singkil.

Kesepakatan ini muncul saat berlangsung forum group diskusi(FGD), yang digelar Balai pelestari budaya Aceh di Cafe Sinanggel Gumer, Kamis (23/6/22).

Disampaikan Kepala bidang(Kabid) budaya dinas pendidikan dan kebudayaan Aceh Singkil, M. Najur, M.Pd, tim itu dibentuk untuk menulis buku kebudayaan Aceh Singkil sebanyak Empat judul.

Empat judul buku itu kata Najur, yaitu tentang kuliner Aceh Singkil, kesenian, pengetahuan dan tekhnologi tradisional, serta cerita rakyat yang terdapat di Kabupaten Aceh Singkil.

Tujuan ditulis dan diterbitkannya buku itu kata Najur, untuk mempresure agar budaya Aceh Singkil diterima sebagai warisan budaya tak benda(WBTB) Indonesia oleh kementerian pendidikan, kebudayaan riset dan tekhnologi (Kemendikbudristek) RI.

Disamping itu juga, agar budaya Aceh Singkjl lebih dikenal masyarakat, terutama kalangan generasi muda, baik yang berada di dalam maupun diluar daerah.

Setiap buku nantinya dibuat minimal berisi 40 judul dengan panjang 250-400 kata, berbentuk tulisan dan artikel biasa.

“Ada sepuluh penulis yang terlibat dalam penulisan buku budaya Aceh Singkil. Kepada para penulis diharapkan naskahnya bisa cepat selesai, karena buku ini direncanakan telah terbit dan dilaunching akhir Desember 2022 nanti,” ujar, M.Najur. (MBPN_A1/02.HT)