• Sab. Okt 1st, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Masalah Empat Pulau Di Aceh Singkil Belum Tuntas

ByMBP-NEWS

Jun 25, 2022

Aceh Singkil, bhayangkaraperdananews.com – Hasil rapat tentang Pulau yang disengketakan di Aceh Singkil, belum final dan ditengarai masih mengambang.

Rapat yang difasilitasi oleh Kementerian dalam Negeri( Kemendagri) di Jakarta itu, dihadiri oleh Pemda Sumut dan Pemerintah Aceh di Jakarta,tanggal(20/6/22)kata Sekda Aceh Singkil, Drs.Azmi,MAP, kepada awak media,(24/5/6).

Pemerintah Aceh diwakili oleh Assisten Pemerintahan, Kabiro Pem dan Kadis Perikanan. Sedangkan Pemda Aceh Sinkil dihadiri oleh, Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, Sekda, Drs.Azmi, beserta rombongan.

Sekda Aceh Singkil menjelaskan, Pemerintah Aceh dan Kabiro Pem, memberikan paparan tentang fakta-fakta baik dari aspek hukum, budaya maupun historis serta fakta lain tentang penguasaan 4 pulau itu, dalam pengelolaan dan dikuasai oleh Pemerintah Aceh maupun Masyarakat Aceh.

Hala tersebut tidak mendapat bantahan dari Pemerintah Sumut, sampai akhirnya selesai acara bahwa pemerintah Aceh meminta kepada Kemendagri agar 4 pulau itu kembali ke wilayah Aceh.

“Pemerintah Sumut hanya berpedoman kepada pemerintah pusat yaitu keputusan Mendagri,” pungkas Azmi.

Sebelumnya, Pemda Tapnuli Tengah Sumut, mengklaim 4 Pulau di Aceh Singkil, Pulau mangkir gadang, pulau mangkir ketek, pulau panjang dan pulau lipan, adalah masuk wilayah Sumut. Pemerintah Sumut tetap bersikukuh memiliki Pulau itu berdasarkan surat keputusan Menteri dalam Negeri. (MBPN_A1/02.HT)