• Ming. Jan 29th, 2023

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Giat Nataru di Jawa Timur : Ada Pembatasan Angkutan yang Bisa Menghambat Arus Lalu Lintas

ByMBP-NEWS

Des 22, 2022

SURABAYA, bhayangkaraperdananews.com – Forkopimda Jawa Timur gelar apel Operasi Lilin Semeru 2022, dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, di lapangan apel Mapolda Jatim, Kamis (22/12/2022).

Sebanyak 18.885 personil gabungan baik dari TNI-Polri dan Pemda, serta elemen masyarakat diterjunkan dalam pengamanan Nataru 2023.
Sementara, Kapolda Jatim Irjen Pol Dr.Toni Harmanto, MH. menyampaikan, akan melakukan pembatasan bagi angkutan-angkutan yang dapat menghambat arus lalu lintas, namun untuk angkutan kebutuhan pokok dan keperluan medis masih terus berjalan.

“Kita lakuknan pembatasan untuk kendaraan-kendaraan yang mengangkut peralatan-peralatan atau pun angkutan yang memang nanti di pertimbangkan akan menjadi penghambat dalam kegiatan arus lalulintas,” jelasnya Kapolda Jatim Irjen Pol Dr.Toni Harmanto,MH, didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Nurchahyanto.

Dalam mengantisipasi kenakalan remaja atau gangster yang meresahkan masyarakat. Kapolda Jatim menyampaikan, pihaknya bekerjasama dengan seluruh elemen yang lain telah melakukan aktif patroli rutin bersama dan menempatkan anggota di lokasi-lokasi yang dianggap rawan.

“Jadi aktivitas kegiatan yang kita lakulan ini secara rutin bersama-sama dengan rekan-rekan TNI dan yang lain, kita melaksanakan aktivitas kegiatan patroli bersama, kemudian juga menempatkan anggota kita di lokasi-lokasi yang memungkinkan mereka juga berkumpul atau pun akan melakukan aksi untuk itu, ini sebagai suatu langkah pencegahan buat mereka,” ujarnya.

“Disisilain juga beberapa waktu ini, dari jajaran Binmas kita dengan yang lain ini jiga terus meng edukasi kepada sekolah-sekolah kemudian mereka-mereka yang tergolong bisa bergabung dalam kegiatan dan aktivitas kenakalan remaja ini,” tambah Kapolda Jatim.

Irjen Pol Dr.Toni Harmanto,MH, juga menyampaikan, tidak ada pembatasan bagi masyarakat yang ingin beraktivitas lalulintas dari luarbkota ke dalam kota, namun hanya mencegah dan mengantisipasi potensi kerumunan masa.

“Kalo pembatasan mereka yang akan datang ini tidak, yang jelas kita akan melihat lagi nanti potensi tempat-tempat kerumunan massa yang memang diharapkan hanya bisa disesuaikan dengan kecukupan jumlah pengunjung yang akan datang,” ungkapnya.

“Jadi kalo memang 100 persen ya 100 persen, tidak mungkin kita akan tambahkan menjadi dua kali lipat atau tiga kali lipat, itu akan kita atur untjk melakukan pencegahan-pencegahan baik masalah covid-19 maupun hal-hal lain yang bisa di timbulkan dari situ,” lanjutnya.

Kapolda juga menyampaikan, untuk pengamanan di tempat ibadah masih sama seperti tahun sebelumnya.

“Iya sama seperti di tahun-tahun sebelumnya, tentu ada peningkatan aktivitas kegiatan pengamanan di tempat-tempat ibadah dengan proses sterilisasi, kemudian penempatan anggota-anggota kita selama waktu-waktu yang memang dilaksanakan kegiatan ibadah tadi,” tutup Kapolda Jatim usai Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2022. (MBPN-IRWIN)