• Rab. Mei 25th, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Gubernur Bali Wayan Koster menerima Audiensi dari Pasikian Yowana Desa Adat MDA Se-Bali

Byadmin

Feb 17, 2022


BALI, bhayangkaraperdananews.com – Gubernur Bali, Bapak Wayan Koster menerima Audiensi dari Pasikian Yowana Desa Adat MDA Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Bali, Rabu 16 Februari 2022.


Pasikian Yowana dan Seniman mengucapkan terimakasih karena Pak Gubernur telah mendukung kegiatan Nyomya Ogoh-Ogoh di Wewidangan Banjar pada saat malam pengerupukan rangkaian Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1944 tahun 2022.

Adapun beberapa Point penting dalam pertemuan tersebut :

  1. Gubernur Bali, Wayan Koster memberikan kesempatan para Yowana/Generasi Muda untuk melaksanakan Nyomya Ogoh-Ogoh di wewidangan Banjar pada malam pengrupukan yang jatuh pada, Selasa (Anggara Umanis Wayang) 1 Maret 2022, dalam rangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944 yang jatuh pada, Rabu (Buda Paing Wayang) 2 Maret 2022.
  2. Gubernur Bali memberikan dukungan ini secara langsung kepada Pasikian Yowana Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi, Kabupaten/Kota se-Bali dan seniman pada, Rabu (Buda Pon Bala), 16 Pebruari 2022 di Jayasabha, Denpasar bersama
    Kadis Pemajuan Masyarakat Adat (PMA) Provinsi Bali, I Gst Agung Kt Kartika Jaya Saputra.
  3. Gubernur Bali sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Bendesa Agung dan Penyarikan Agung Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali, I Ketut Sumarta.
    “Saya sebagai Gubernur Bali bersama Majelis Desa Adat Provinsi Bali menyetujui keinginan yang disampaikan melalui aspirasi Para Yowana MDA Provinsi, Kabupaten/Kota Se-Bali. Kepada para Yowana yang sudah membuat Ogoh-Ogoh,
    Saya minta teruskan dibuat sampai selesai, sampai tuntas, jangan berhenti sebelum tanggal 2 Maret 2022,” jelas Wayan Koster yang disambut tepuk tangan.
  4. Gubernur Wayan Koster sangat menghargai, sangat mengapresiasi atas hasil karya seni, inovatif, kreatif dari para Yowana/Generasi Muda Kita sebagai bagian dari pada membangun karakter dan jiwa seni dan budaya dalam produk-produk Ogoh-Ogoh yang diciptakan.
  5. Oleh karena itu, seperti pada Tahun 2021. Saya pada Tahun 2022 ini akan melakukan penilaian terhadap karya Ogoh-Ogoh dan hasil dari penilaian ini akan diberikan kepada hasil karya terbaik untuk 3 Ogoh-Ogoh di masing-masing Kecamatan. Kemudian diberikan hadiah untuk Peringkat I, II, dan III disemua Kabupaten/Kota se-Bali.
  6. Untuk ditingkat Kecamatan, 3 yang terbaik akan diberikan hadiah Rp 5 juta. Kemudian Kabupaten/Kota, untuk Peringkat I hadiahnya Rp 50 juta, Peringkat II hadiahnya Rp 35 Juta, dan Peringkat III hadiahnya Rp 25 Juta untuk semua Kabupaten/Kota se-Bali. “Ini akan diproses oleh Tim Penilai yang turun ke masingmasing Banjar menilai karya Ogoh-Ogohnya. Yang dinilai ini bukan perlombaannya, tapi karya dari Ogoh-Ogohnya dengan memiliki kreasi dan inovasi,’Ujar Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng Bali ini.
  7. Para Yowana/Generasi Muda seluruh Bali tidak perlu ragu-ragu lagi. Jadi Nyomya Ogoh-Ogoh bisa dilaksanakan di wewidangan Banjar dengan maksimum 25 Yowana yang melakukan Nyomya Ogoh-Ogoh ramah lingkungan (tanpa bahan plastik hingga styrofoam), dilakukan dengan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19. (MBPN-Nengah Suena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.