• Jum. Apr 26th, 2024

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Himbauan Panwaslih Kabupaten Aceh Besar terkait Data Pemilih

ByMBP-NEWS

Mei 21, 2023

ACEH BESAR | bhayangkaraperdananews.com – Panwaslih Kabupaten Aceh Besar menghimbau agar masyarakat Aceh Besar yang telah memiliki hak pilih dapat memastikan dirinya telah terdaftar dalam daftar pemilih melalui link cekdptonline.kpu.go.id, atau datang ke posko pengaduan data pemilih di sekretariat Panwaslih Kabupaten Aceh Besar Jl. Banda Aceh – Medan Km 15 Sukamakmur Aceh Besar.

Berdasarkan hasil pengawasan atau pencermatan yg telah dilakukan Panwaslih Kabupaten Aceh Besar bersama jajaran Panwascamnya terdapat pemilih TMS yang masih tercantum dalam DPS dan sebaliknya ada pemilih MS yang justru belum masuk DPS sehingga Panwaslih Kabupaten Aceh Besar memberikan surat saran perbaikan kepada KIP Aceh Besar kata Nurhidayati ( Kordiv HP2H Panwaslih Kabupaten Aceh Besar).

Terkait surat saran perbaikan Nomor: 144/PM.02.02/K.AC-03/05/2023 tersebut pihak KIP Aceh Besar telah memperbaiki nya pada Rapat Pleno Rekapitulasi DPSHP ditingkat kabupaten Aceh Besar.

Hasil rekapitulasi DPSHP tersebut tercatat bahwa jumlah TPS di Aceh Besar sebanyak 1.265, dengan jumlah pemilih aktif sebanyak 290.957 dengan rincian laki-laki 143.250 dan perempuan 147.707. memang data ini masih dinamis akan terus bergerak oleh karena itu Panwaslih Kabupaten Aceh Besar kembali mengajak jajarannya ( Panwascam dan PKD) untuk terus mencermati hasil DPSHP yang telah diumumkan sejak tanggal 17 -23 Mei 2023 itu dan menghimbau kepada masyarakat untuk ikut memantau dan berpartisipasi aktif dalam pengawasan data pemilih ini, termasuk kelompok disabilitas yang ditemui tidak memiliki KTP-El maka disarankan untuk bisa segera mendapat perekaman KTP-El dari Disdukcapil.

Kemudian Aceh Besar memiliki lokasi khusus yang juga perlu perhatian serius terkait data pemilih yaitu 4 ( empat ) Lapas yang ada di Aceh Besar (Lapas kelas III Lhoknga, Lapas IIA Banda Aceh di Ingin Jaya, Lapas kelas IIB Jantho , dan Lapas IIB Banda Aceh di Baitussalam).

Pemilu 2024 yang akan datang ini memiliki kompleksitas permasalahan jika dari awal tidak dikawal hak pilih warga, karena itu pengawasan ini adalah tanggung jawab kita bersama, pungkas Nurhidayati.

Panwaslih Aceh Besar juga melakukan patroli kawal hak pilih dan mengajak elemen masyarakat untuk ikut menjadi pemantau pemilu. (MBPN-Amin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *