• Sab. Okt 1st, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Jalan Menuju Pabrik Semen Grobogan di Blokir Warga Mangunsari

ByMBP-NEWS

Jul 20, 2022

GROBOGAN, bhayangkaraperdananews.com – Jalan rusak akibat dilewati kendaraan berat milik PT. Semen Grobogan, ratusan warga Desa Mangunsari, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan, melakukan blokir jalan, Senin, 18 Juli 2022.
Warga meletakan kursi dan memarkir sepeda motor di jalan agar tidak bisa dilewati kendaraan PT. Semen Grobogan, Sehingga deretan kendaraan memanjang dari depan Balai Desa Mangunsari hingga ke utara sejauh sekitar 1 km.

Aksi ini dipicu kerusakan jalan sepanjang 4 km menuju pabrik PT. Semen Grobogan di Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo yang melewati Desa Mangunsari, Sukorejo, Tanggirejo, dan Sugihmanik.

Aksi memblokir dilakukan sejak Minggu (17/7/2022) hingga Senin (18/7/2022) siang. Warga juga membawa sejumlah poster sebagai bentuk protes kerusakan jalan.

Seperti, “Hatimu Saja Butuh PERHATIAN !!! Masak Jalan Kagak”, “Jalan Bergelombang Tak Senikmat Goyangan Mantan”, dan “Orang Bodoh Banyak Rencana, Orang Pintar Banyak Bicara”.
Warga protes jalan rusak di Balai Desa Mangunsari, Kecamatan Tegowanu, Grobogan, Senin (17/8/2022).

Warga protes karena akibat dilewati kendaraan milik PT. Semen Grobogan jalan rusak parah membahayakan pengguna jalan.

“Akibat kerusakan jalan ini banyak debu yang mengotori rumah warga. Sementara kalau pas hujan jalan becek dan licin sehingga beberapa pengendara motor sering jatuh,” ujar Supardi warga setempat kepada wartawan.

Selain kerusakan jalan akibat dilewati kendaran ke PT. Semen Grobogan, banyak kendaraan besar yang parkir di pinggir jalan sehingga membahayakan pengguna jalan lain karena minimnya penerangan di lokasi.

Apabila kerusakan jalan tersebut tidak segera diperbaiki, warga akan kembali menggelar aksi,
kepada warga, Toni Santoso menyampaikan upaya perbaikan dan peningkatan jalan dengan konstruksi beton baru bisa dilaksanakan September atau Oktober.

Karena membutuhkan perencanaan, apalagi jalan tersebut milik kabupaten. Untuk itu lanjut dia, pihaknya sedang menyelesaikan desain jalan yang sesuai sebelum dipaparkan di Dinas PUPR Grobogan.

Sedang mengenai keluhan warga mengenai debu, PT. Semen Grobogan akan menurunkan mobil tangki untuk melakukan penyiraman jalan. Sehingga meminimalkan debu yang masuk ke rumah warga,

Setelah pertemuan tersebut akhirnya warga bersedia membuka akses jalan menuju pabrik Semen Grobogan. Mereka tetap menunggu perbaikan jalan rusak di desanya sesuai hasil pertemuan tersebut.(mbp news beny)