• Sab. Okt 1st, 2022

BHAYANGKARA

PERDANA NEWS

Kodam IV/Diponegoro Sulap Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif

ByMBP-NEWS

Jul 20, 2022

SEMARANG, bhayangkaraperdananews.com – Menindaklanjuti kebijakan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E, M.M., agar merubah lahan kosong menjadi lahan produktif, Kodam IV/Diponegoro menyulap lahan tidur menjadi kebun yang berisi bahan pangan. Lahan produktif akan dimanfaatkan sebagai lahan pertanian untuk meningkatkan produksi pangan, sekaligus mengantisipasi jika sewaktu waktu terjadi krisis pangan.

Kapendam IV/Diponegoro Letkol Inf Bambang Hermanto, Rabu (20/07/2022), mengatakan bahwa Kodam IV/Diponegoro mendukung penuh terobosan tersebut. Untuk itu Pangdam memerintahkan satuan jajarannya untuk memanfaatkan lahan tidur atau lahan potensial milik Kodam IV/Diponegoro seluas kurang lebih 269.906 meter persegi yang meliputi wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa komoditas yang ditanam diantaranya adalah jagung, cabe, terong, alpukat, padi dan ketela pohon.

“Ini merupakan terobosan bagus, Pangdam beserta seluruh prajurit Kodam IV/Diponegoro menyambut baik serta mendukung penuh kebijakan tersebut. Saat ini lahan kosong yang ada di wilayah Kodam IV/Diponegoro juga sudah banyak disulap menjadi lahan yang nantinya akan menyediakan bahan pangan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Berpedoman kepada 7 perintah harian Kasad, dimana TNI harus selalu ada di tengah kesulitan rakyat dan senantiasa menjadi solusi, kebijakan pemanfaatan lahan kosong dalam mendukung ketahanan pangan tersebut merupakan salah satu implementasi nyata dari makna yang tersirat dibalik butir kelima dari 7 perintah harian Kasad.

“Karena sejatinya TNI adalah milik rakyat dan ibu kandung TNI adalah rakyat, maka sudah menjadi kewajiban bagi TNI untuk senantiasa membantu semua kesulitan rakyat. Hasil panen yang didapat nantinyapun akan diberikan kepada masyarakat. Intinya dari kita untuk kita,” imbuhnya

Selain dinilai dapat membantu masyarakat, kegiatan tersebut juga diharapkan mampu menjalin kedekatan TNI dengan masyarakat, karena nantinya tidak hanya TNI saja, melainkan masyarakat juga dapat mengurus lahan yang disediakan oleh tiap satuan jajaran kewilayahan Kodam IV/Diponegoro. (MBPN-Sumarno/Pendam IV/Diponegoro)